STRATEGI PEMASARAN TOKO GETUK GORENG H TOHIRIN 1 DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN TOKO GETUK GORENG DI KECAMATAN SOKARAJA

Dimas, Fatur Rachman (2025) STRATEGI PEMASARAN TOKO GETUK GORENG H TOHIRIN 1 DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN TOKO GETUK GORENG DI KECAMATAN SOKARAJA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DIMAS FATUR RACHMAN_STRATEGI PEMASARAN TOKO GETUK GORENG H TOHIRIN 1 DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN TOKO GETUK GORENG DI KECAMATAN SOKARAJA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Setiap Perusahaan memiliki tujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan. Agar hal tersebut tercapai,perusahaan tersebut harus menerapkan strategi pemasaran yang efektif dan efesien. Apabila ditinjau dari strategi pemasaran, maka yang ingin diteliti oleh peneliti yaitu mengenai strategi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Getuk Goreng H Tohirin Sokaraja dalam menghadapi persaingan toko getuk goreng Sokaraja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh Toko Getuk Goreng H Tohirin Sokaraja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan Kesimpulan, dan uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang diterapkan oleh Toko Getuk Goreng H Tohirin Sokaraja menggunakan bauran pemasaran yang terdiri dari empat aspek yaitu: Strategi Produk, Strategi Harga, Strategi Tempat, Strategi Promosi. Selain menggunakan prinsip pemasaran konvensional, Toko Getuk Goreng H Tohirin Sokaraja juga menerapkan nilai-nilai ekonomi syariah dalam strategi bisnisnya, yaitu Shidiq (kejujuran), Amanah (kepercayaan), Tabligh (komunikatif), dan Fathanah (kebijaksanaan). Pendekatan ini sejalan dengan empat karakteristik utama pemasaran syariah, yaitu Ketuhanan (Rabbaniyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al-Waqiyah), dan Humanistis (Insaniyyah), yang menjadi landasan dalam menciptakan sistem bisnis yang berkeadilan dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Getuk Goreng, Pemasaran Syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: DIMAS FATUR RACHMAN
Date Deposited: 30 Jun 2025 06:36
Last Modified: 30 Jun 2025 06:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31336

Actions (login required)

View Item View Item