PERSEPSI GURU TENTANG PERAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMK MA'ARIF NU 1 KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

Anna, Rizqiqotul Maghfiroh (2025) PERSEPSI GURU TENTANG PERAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMK MA'ARIF NU 1 KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ANNA RM_214110402164_SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi guru tentang pengaruh lingkungan sosial terhadap sikap siswa dalam pembelajaran agama Islam di SMK Ma'arif NU 1 Kembaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk memahami secara mendalam bagaimana guru mempersepsikan peran lingkungan sosial dalam membentuk sikap siswa terhadap pembelajaran agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sosial memainkan peran penting dalam membentuk sikap belajar dan keterlibatan siswa dalam pendidikan agama. Guru mempersepsikan bahwa lingkungan sosial, termasuk keluarga, teman sebaya, dan masyarakat, dapat mempengaruhi motivasi, minat, dan kesadaran siswa dalam mempelajari agama Islam. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan pembelajaran agama Islam dan dapat menjadi referensi bagi guru dan peneliti lain dalam memahami peran lingkungan sosial dalam pendidikan agama. Dengan memahami persepsi guru tentang lingkungan sosial, sekolah dan lembaga pendidikan dapat mengembangkan strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran agama Islam dan mengatasi tantangan yang dihadapi siswa dalam lingkungan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru, Lingkungan Sosial, Sikap Siswa, Pembelajaran Agama Islam.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anna Rizqiqotul Maghfiroh
Date Deposited: 30 Jun 2025 03:34
Last Modified: 30 Jun 2025 03:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31329

Actions (login required)

View Item View Item