Nindy, Aprilliani (2025) IMPLEMENTASI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADIST SISWA KELAS X-A MAN 3 BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
NINDY APRILLIANI_IMPLEMENTASI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADIST SISWA KELAS X-A MAN 3 BANYUMAS.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan adalah pedoman bagi setiap perkembangan manusia. Permasalahan utama adalah memilih arah dan tujuan tertentu. Pada pendidikan diperlukan suatu pendekatan seperti pembaharuan kurikulum, kualitas pembelajaran serta efektivitas metode pembelajaran yang digunakan. Kegiatan belajar mengajar dikelas perlu dilakukan dengan sebaik-baiknya agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Melihat rendahnya minat peserta didik dalam mempelajari Al-Qur’an Hadist, diperlukan adanya metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Salah satunya dengan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist siswa kelas X MAN 3 Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data-data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan langkah-langkah pembelajaran yang terdapat dalam 5 (lima) komponen pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang relavan diantaranya konstruktivisme, modelling (permodelan),inquiry (menemukan sendiri), questioning (bertanya), learning community (masyarakat belajar). Aktifitas pembelajaran Al-Qur’an Hadist dalam penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) diantaranya peserta didik mengembangkan pengetahuan baru yang telah dimiliki, mendalami materi pada buku Al-Qur’an Hadist, keterlibatan peserta didik dalam kegiatan diskusi dan tanya jawab, membentuk kelompok belajar, membuat sketsa atau model untuk kebutuhan pembelajaran, melakukan refleksi pembelajaran serta guru melakukan evaluasi yang bersifat objektif kepada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning (CTL), Pembelajaran Al-Qur’an Hadits |
Subjects: | 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nindy Aprilliani |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 02:48 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 02:48 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31325 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |