KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MAHARAH KALAM DI KELAS IX MTs MA’ARIF NU 1 KEMBARAN PURWOKERTO

Wahyu aji, santoso (2025) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MAHARAH KALAM DI KELAS IX MTs MA’ARIF NU 1 KEMBARAN PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Wahyu aji santoso_Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Maharah Kalam di Kelas IX Mts Ma'arif NU 1 Kembaran Purwokerto.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Maharah Kalam Siswa di Kelas IX MTs Ma’arif NU 1 Kembaran Purwokerto Wahyu Aji Santoso 214110403078 ABSTRAK Bahasa merupakan alat komunikasi utama yang memiliki peran penting dalam kehidupan sosial manusia. Dalam era globalisasi saat ini, penguasaan bahasa asing, termasuk bahasa Arab, menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan, khususnya bagi umat Islam. Bahasa Arab tidak hanya penting untuk memahami ajaran agama, tetapi juga sebagai keterampilan yang mendukung daya saing global. Salah satu keterampilan dasar dalam pembelajaran bahasa adalah keterampilan berbicara (maharah al-kalam), yang mencakup aspek kebahasaan seperti pelafalan, intonasi, kosa kata, dan struktur kalimat, serta aspek non-kebahasaan seperti mimik dan ekspresi. Keterampilan berbicara (maharah al-kalam) merupakan aspek penting dalam pembelajaran bahasa Arab, namun sering menjadi kendala bagi siswa, termasuk di kelas IX MTs Ma’arif NU 1 Kembaran Purwokerto. Kesulitan dalam pelafalan, penguasaan kosa kata, serta penyusunan kalimat menjadi faktor utama rendahnya minat belajar bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kreativitas guru dalam pembelajaran Bahasa Arab pada keterampilan berbicara (maharah kalam) di lingkungan pendidikan formal. Kreativitas guru menjadi faktor kunci dalam menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif, menarik, dan efektif. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengungkap strategi inovatif yang diterapkan guru dalam mengajarkan maharah kalam metode taqdimul qishah sebagai upaya meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Hasil penelitian diharapkan menjadi acuan dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih komunikatif dan kontekstual. Kata kunci: Kreativitas Guru, Pembelajaran Bahasa Arab, Maharah kalam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Pembelajaran Bahasa Arab, Maharah kalam
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: WAHYU AJI SANTOSO
Date Deposited: 26 Jun 2025 08:25
Last Modified: 26 Jun 2025 08:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31297

Actions (login required)

View Item View Item