PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP KETERAMPILAN BELAJAR (LEARNING SKILL) PADA SISWA KELAS 8 DI SMP NEGERI 2 PURWOKERTO

Rizky Poula, Rosalinda (2025) PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP KETERAMPILAN BELAJAR (LEARNING SKILL) PADA SISWA KELAS 8 DI SMP NEGERI 2 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RIZKY POULA ROSALINDA_PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP KETERAMPILAN BELAJAR (LEARNING SKILL) PADA SISWA KELAS 8 DI SMP NEGERI 2 PURWOKERTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Selain meningkatkan keterampilan individu siswa, pendidikan juga membantu mengangkat derajat dan martabat manusia. Memberikan arahan dan konseling kepada siswa merupakan salah satu teknik untuk meningkatkan keterampilan individu mereka. Keterampilan belajar mencakup karakteristik proses belajar yang optimal dalam ranah kognitif, emosional, dan psikomotorik dan diperoleh individu melalui proses pelatihan yang berkelanjutan. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metodologi penelitian survei, penelitian ini menggunakan teknik regresi linier untuk menganalisis pengaruh bimbingan klasikal terhadap keterampilan belajar (learning skill) siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Purwokerto. Sampel penelitian terdiri dari 180 siswa kelas 8. Data diperoleh dengan menggunakan survei dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk menentukan deskripsi data dan memperoleh hasil regresi linier data tersebut. Sebelum uji regresi linier dijalankan, data terdistribusi normal. Menurut temuan penelitian, y = 21,566 + 0,515 x merupakan hasil uji regresi linier. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran klasikal memiliki dampak yang positif terhadap keterampilan belajar (learning skill), dan dampak ini telah terbukti signifikan secara statistik. Hal ini menunjukkan bahwa bimbingan klasikal dari Guru Bimbingan dan Konseling berpengaruh pada keterampilan belajar (learning skill) siswa, yang menunjukkan bahwa pembelajaran bimbingan klasikal biasanya pengaruh pada keterampilan belajar (learning skill) siswa. Temuan tabulasi data menunjukkan bahwa bimbingan klasikal memiliki pengaruh sebesar 64,40% dan terbukti sangat meningkatkan keterampilan belajar (learning skill).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Klasikal, Keterampilan Belajar
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > 158.3 Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rizky Poula Rosalinda
Date Deposited: 30 Jun 2025 06:43
Last Modified: 30 Jun 2025 06:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31287

Actions (login required)

View Item View Item