Yuyun, Rohmatul Hidayah (2025) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN TARIKH DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
SKRIPSI YUYUN FINALL.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Tarikh merupakan bagian dari Pendidikan Agama Islam yang memiliki peran penting dalam membentuk pemahaman peserta didik terhadap sejarah Islam. Namun, dalam praktiknya, pembelajaran ini sering bersifat monoton dan kurang melibatkan siswa secara aktif sehingga berdampak pada rendahnya minat dan pemahaman mereka terhadap materi. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan metode yang interaktif dan mendorong partisipasi siswa, salah satunya adalah metode cooperative script. Metode ini mendorong siswa untuk berdiskusi kelompok, saling menyampaikan dan mendengarkan pendapat, sehingga menciptakan suasana belajar yang aktif dan kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengimplementasian metode cooperative script pada mata pelajaran Tarikh di kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto, meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk studi lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data, digunakan beberapa teknik seperti observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode cooperative script berlangsung dengan baik dan mengikuti tahapan yang telah direncanakan. Perencanaan dilakukan melalui penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan pembuatan modul ajar yang mencakup pemilihan model pembelajaran yang tepat. Tahap pelaksanaannya mencakup penyampaian tujuan dan pemberian motivasi, pembentukan kelompok, penyampaian materi oleh guru, kegiatan berkelompok, diskusi, dan evaluasi. Penilaian terhadap siswa dilihat dari tingkat partisipasi mereka dalam kegiatan presentasi dan sesi tanya jawab. Implementasi metode ini mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar, baik dalam kerja sama kelompok maupun dalam upaya memahami materi secara mendalam untuk meraih hasil belajar yang optimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Script, Mata Pelajaran Tarikh , Metode Pembelajaran |
Subjects: | 200 Religion > 209 History and geography of Christianity |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yuyun Rohmatul Hidayah |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 05:05 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 05:05 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31282 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |