IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERI DI SMP MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO

Nur Faiq, Musyaffa (2025) IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERI DI SMP MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Nur Faiq Musyaffa.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik dalam menghadapi dinamika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era abad ke-21. Dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, kemampuan ini berperan penting dalam membentuk peserta didik yang reflektif, analitis, dan bertanggung jawab dalam mengambil keputusan yang bernilai moral dan religius. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode tutor sebaya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Implementasi metode tutor sebaya dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu: (1) perencanaan, yang mencakup pemilihan tutor dan penyusunan perangkat ajar; (2) pelaksanaan, berupa diskusi kelompok yang dipandu oleh tutor sebaya; dan (3) evaluasi, yang melibatkan penilaian guru terhadap proses pembelajaran dan indikator berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini efektif dalam meningkatkan kemampuan keterampilan berpikir kritis siswa dalam menganalisis, mengevaluasi, dan menyimpulkan informasi. Faktor pendukung meliputi motivasi belajar siswa, keterlibatan aktif guru, serta pemanfaatan media pembelajaran yang variatif. Adapun hambatan yang ditemukan antara lain kurangnya kepercayaan diri siswa dalam bertanya dan keterbatasan tutor dalam menyampaikan materi. Secara keseluruhan, metode tutor sebaya terbukti mampu menjadi strategi yang tepat dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik apabila diterapkan secara terencana dan mendapat dukungan dari seluruh pihak terkait.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tutor sebaya, berpikir kritis, Pendidikan Agama Islam, kolaborasi siswa.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NUR FA'IQ MUSYAFFA
Date Deposited: 25 Jun 2025 07:30
Last Modified: 25 Jun 2025 07:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31265

Actions (login required)

View Item View Item