PEMBELAJARAN TAHFIDZ MENGGUNAKAN METODE THARIQAH JAM'I DI SD ISLAM TA'ALUMUL HUDA BUMIAYU KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES

MUHAMAD, AISYUL HAKIM (2025) PEMBELAJARAN TAHFIDZ MENGGUNAKAN METODE THARIQAH JAM'I DI SD ISLAM TA'ALUMUL HUDA BUMIAYU KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UINProf. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI jadi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tahfidz menggunakan metode Thariqah Jam’i di SD Islam Ta’alumul Huda Bumiayu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an siswa dengan pendekatan yang terstruktur dan berkelanjutan. Metode Thariqah Jam’i mengutamakan pengulangan hafalan secara sistematis yang dibagi dalam kelompok-kelompok belajar berdasarkan kemampuan siswa. Setiap siswa diberi kesempatan untuk mengulang hafalan di depan teman-teman, sehingga menciptakan suasana saling mendukung dan memperkuat hafalan bersama. Pembelajaran ini dilakukan dengan pengaturan waktu yang tepat, terpisah dari mata pelajaran lain, dan mengikuti target hafalan yang telah ditentukan untuk setiap semester. Evaluasi hafalan dilakukan secara berkala, dengan penilaian berdasarkan ketepatan hafalan dan tajwid. Guru memberikan umpan balik positif dan koreksi yang konstruktif untuk membantu siswa yang kesulitan. Hasil dari penerapan metode ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan hafalan Al-Qur'an siswa, serta terciptanya suasana kelas yang kondusif dan kolaboratif untuk belajar tahfidz

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran tahfidz, Thariqah Jam’i, SD Islam Ta’alumul Huda Bumiayu, metode pengulangan hafalan, evaluasi hafalan
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.13 Gramatika (Maani, Majaz, Amsal)
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhamad Aisyul Hakim
Date Deposited: 25 Jun 2025 03:15
Last Modified: 25 Jun 2025 03:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31246

Actions (login required)

View Item View Item