IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN KAITANNYA DENGAN CRITICAL THINKING PADA PEMBELAJARAN PAI KELAS IX DI SMP NEGERI 1 BANTARSARI CILACAP

Amalia, Putri Soleha (2025) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN KAITANNYA DENGAN CRITICAL THINKING PADA PEMBELAJARAN PAI KELAS IX DI SMP NEGERI 1 BANTARSARI CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Amalia Putri Soleha_Implementasi Model Problem Based Learning dan kaitannya dengan Critical Thinking Pada Pembelajaran PAI Kelas IX di SMP N 1 Bantarsari Cilacap.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi model Problem Based Learning untuk meningkatkan critical thinking pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Bantarsari. Fokus penelitian ini yaitu pada perencanaan dan pelaksanaan model PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis (critical thinking) peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menggambarkan implementasi model Problem Based Learning untuk meningkatkan critical thinking di SMP Negeri 1 Bantarsari. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan yang dilakukan guru adalah menyusun modul ajar yang akan dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran terdapat tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanan dan evaluasi. Kemudian pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Problem Based learning melalui 5 langkah, diantaranya: (1) Orientasi masalah, (2) Pengorganisasian siswa, (3) penyelidikan, (4) Penyajian, (5) Refleksi. Evaluasi pembelajaran terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran dan dilakukan pada akhir pembelajaran. Penerapan model Problem Based Learning sudah diterapkan dengan baik dan berpengaruh pada peningkatan critical thinking peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Critical Thinking, Pembelajaran PAI
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amalia Putri Soleha
Date Deposited: 24 Jun 2025 01:25
Last Modified: 24 Jun 2025 01:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31229

Actions (login required)

View Item View Item