Siti Nur, Vaidah (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 2 BATURADEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
SITI NUR VAIDAH_IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PAI & BP DI SMPN 2 BATURADEN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Baturaden. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, serta untuk teknis analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan model Problem Based Learning (PBL) dilakukan dengan 5 tahap yang pertama mengorientasi peserta didik pada masalah dilakukan dengan merivew materi sebelumnya, kedua mengorganisasi peserta didik untuk belajar proses dilakukan dengan membagi kelas menjadi 8 kelompok setiap kelompok beranggotakan 4 peserta didik, ketiga membimbing penyelidikan individual maupun kelompok proses ini pendidik memantau dan berkeliling disaat peserta didik sedang melakukan diskusi bersama kelompoknya, keempat mengembangkan dan menyajikan hasil karya proses dilakukan dengan pendidik meminta peserta didik untuk mengembangkan hasil diskusinya di Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan memberikan kesimpulan, kelima menganalisis dan mengevaluasi hasil karya dilakukan dengan peserta didik untuk mengumpulkan hasil LKPD yang telah dikerjakan. Evaluasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan model PBL, tahap ini guru merefleksikan kegiatan belajar yang telah dilaksanakan, dengan melihat apakah peserta didik telah mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing serta untuk evaluasi pembelajaran pendidik mengimplementasikan melalui 2 asesmen yaitu asesmen sumantif dan asesmen formatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Islam, Model, Pembelajaran, Pendidikan, Problem Based Learning. |
Subjects: | 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | SITI NUR VAIDAH |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 01:37 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 01:37 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31144 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |