Wandhana Ceza, Bachtiar (2025) KONTRIBUSI IKLAN ENDORSEMENT RIA RICIS TERHADAP PERSEPSI KONSUMEN DALAM MENINGKATKAN BISNIS ONLINE ROBERT NAUFAL (STUDI KASUS PADA KONSUMEN BISNIS ROBERT NAUFAL DI WILAYAH PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN. Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Wandhana Ceza Bachtiar_Kontribusi Iklan Endorsement Ria Ricis Terhadap Persepsi Konsumen Dalam Meningkatkan Bisnis Online Robert Naufal (Studi Kasus Pad Konsumen Bisnis Robert Naufal di Wilayah Purwokerto).pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Pada era sekarang endorse adalah bentuk promosi yang efektif untuk menarik perhatian para calon konsumen. Endorsement ini cocok digunakan untuk ajang promosi produk/bisnis baru. Salah satunya adalah pada Bisnis Robert Naufal. Bisnis ini merupakan bisnis yang baru berjalan satu bulan sehingga masih terkendala pada pemasaran produknya walaupun sudah menyediakan diskon khusus pada setiap live penjualannya. Pada tangal 2 agustus bisnis ini mengalami kenaikan pendapatan, setelah dilakukan observasi pendahuluan ternyata hal tersebut disebabkan oleh endorsement Ria Ricis pada Bisnis Robert Naufal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kontribusi endorsement Ria Ricis terhadap bisnis Robert Naufal dalam meningkatkan Bisnis dengan studi kasus konsumen Robert Naufal di wilayah Purwokerto. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dengan teknik observasi dan wawancara serta sumber data sekunder meliputi foto, dokumen, data responden. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan proses analisis data pada penelitian ini diawali dari reduksi data kemudian penyajian data dan yang terakhir penarikan kesimpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya kontribusi baik dari endorsement Ria Ricis pada beberapa aspek perusahaan seperti pada peningkatan kepercayaan konsumen serta berkontribusi juga pada aspek pemasaran pada bisnis Robert Naufal ini. Dengan meningkatnya jumlah pendapatan pada bisnis ini menunjukan endorsement ini cukup berhasil menarik banyak peminat produk tersebut, karena memilih celebrity endorsement yang sesuai dengan target pasar produk Robert Naufal dan sesuai dengan etika-etika pemasaran Islam. Pada penilitian ini endorsement tidak hanya disebabkan oleh power atau credibility suatu endoser saja, melainkan diskon pada produk juga berkontribusi dalam keberhasilan endorsement ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promosi, Pemasaran, Iklan, Endorsement, Bisnis Online |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Wandhana Ceza Bachtiar |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 01:19 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 01:19 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31137 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |