Richayanah, Richayanah (2025) PENGUKURAN KINERJA MANAJERIAL MENGGUNAKAN METODE MALCOLM BALDRIGE DI BSI KC KARANGKOBAR, PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
RICHAYANAH_PENGUKURAN KINERJA MANAJERIAL MENGGUNAKAN METODE MALCOLM BALDRIGE DI BSI KC KARANGKOBAR, PURWOKERTO.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
BSI sebagai hasil merger dari tiga bank syariah BUMN telah menjadi bank syariah dengan jaringan kantor terbesar di Indonesia. Meskipun BSI telah meraih berbagai penghargaan, dalam Laporan Tahunan 2023 disebutkan bahwa bank menghadapi beberapa tantangan dan kendala, seperti masalah sistem dan keamanan teknologi informasi, likuiditas, penurunan kualitas aset, dan literasi keuangan syariah. Maka dibutuhkan metode Malcolm Baldrige karena memberikan pendekatan holistik dengan tujuh kriteria penilaian yang meliputi kepemimpinan, perencanaan strategi, fokus pada pelanggan, pengukuran dan analisis manajemen pengetahuan, fokus tenaga kerja, fokus operasional, dan hasil. Pada penelitian ini dirumuskan masalah yaitu bagaimana hasil dari pengukuran kinerja manajerial menggunakan metode Malcolm Baldrige di BSI KC Karangkobar, Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan satu variabel utama, yaitu pengukuran kinerja manajerial menggunakan metode Malcolm Baldrige yang terdiri dari tujuh kriteria utama. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, serta penyebaran kuesioner kepada seluruh pegawai organik BSI KC Karangkobar, Purwokerto yang berjumlah 15 orang. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara statistik menggunakan rumus dan pedoman penilaian sesuai metode MBCfPE untuk memperoleh gambaran tingkat kinerja manajerial di BSI KC Karangkobar, Purwokerto. Pengukuran kinerja manajerial di BSI KC Karangkobar, Purwokerto menghasilkan skor sebesar 896,3 atau 89,6%, yang menempatkan unit ini pada predikat excellent dan termasuk dalam kategori world leader. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja manajerial di BSI KC Karangkobar berada pada posisi yang sangat baik. Skor per kriteria dari hasil pengukuran yaitu kriteria kepemimpinan 108 dari 120; perencanaan strategis76,8 dari 85; fokus pelanggan dan pasar 73,6 dari 85; pengukuran, analisis, dan manajemen pengetahuan 75,7 dari 90; fokus tenaga kerja 76,8 dari 85; Fokus Operasi 77,9 dari 85; dan kriteria hasil adalah 407,5 dari 450. Kata Kunci: Malcolm Baldrige, Kinerja Manajerial, BSI
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Malcolm Baldrige, Kinerja Manajerial, BSI |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll) 300 Social sciences > 330 Economics > 333 Land economics 300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Richayanah Richayanah |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 08:09 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 08:09 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31100 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |