PENGARUH KOREAN WAVE, FANATISME DAN PERILAKU FAN ENTREPRENEURSHIP TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (STUDI KASUS PADA PENGGEMAR K-POP DI KOMUNITAS NCTZEN PURWOKERTO)

Ani, Azizah (2025) PENGARUH KOREAN WAVE, FANATISME DAN PERILAKU FAN ENTREPRENEURSHIP TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (STUDI KASUS PADA PENGGEMAR K-POP DI KOMUNITAS NCTZEN PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ani Azizah_Pengaruh Korean Wave, Fanatisme, dan Perilaku Fan Entrepreneurship Terhadap Minat Berwirausaha.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Korean wave berhasil mendunia dan membuat banyak orang tertarik dengan budayanya termasuk di Indonesia. Sebagai penggemar tentu merasa senang melihat konten yang disuguhkan, namun kenyataannya seorang penggemar juga menginginkan hal-hal yang berkaitan dengan idolanya untuk menambah kepuasan seperti menonton konser atau fan meeting, membeli merchandise, membeli barang yang digunakan idolanya, dan lain sebagainya. Anggota Komunitas NCTzen Purwokerto merasakan hal yang serupa, namun uniknya karena NCT memiliki banyak unit dan member sehingga NCTzen bisa memiliki idola lebih dari satu yang membuat keinginan mengikuti idolanya lebih banyak, selain itu komunitas ini sering kali mengadakan event yang membuat NCTzen ingin terus mengikutinya. Hal tersebut membuat NCTzen harus memiliki uang lebih untuk memenuhi keinginannya. Berdasarkan banyaknya peminat Korean wave maka dapat memunculkan peluang usaha yang menjanjikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Korean wave, fanatisme dan perilaku fan entrepreneurship terhadap minat berwirausaha penggemar K-pop di komunitas NCTzen Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang NCTzen yang tergabung dalam Komunitas NCTzen Purwokerto. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non- probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dalam bentuk google form. Analisis yang digunakan untuk mengolah data dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Korean wave berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha, variabel fanatisme tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha, dan variabel perilaku fan entrepreneurship berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Secara simultan variabel Korean wave, fanatisme dan perilaku fan entrepreneurship berpengaruh terhadap minat berwirausaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Korean wave, Fanatisme, Perilaku Fan Entrepreneurship, Minat Berwirausaha
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ani Azizah sdri
Date Deposited: 03 Jun 2025 02:22
Last Modified: 03 Jun 2025 02:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31037

Actions (login required)

View Item View Item