STRATEGI PEMASARAN MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMADIYAH PASIR MUNCANG DAN MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT BANYUMAS

Sukur Setiyadi, 1423402125 (2017) STRATEGI PEMASARAN MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMADIYAH PASIR MUNCANG DAN MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT BANYUMAS. Masters thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
SUKUR SETIYADI_STRATEGI PEMASARAN MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikanadalah suatu proses pembentukan kepribadian yang mandiri dalam suatu masyarakat sampai terbentuk suatu budaya yang beradab. Pendidikan dasar yang diselenggarakan oleh pemeritah sudah banyak disediakan hampir di setiap desa lebih dari satu sekolah dasar negeri dan madrasah ibtidaiyah. Madrasah ibtidaiyah mempunyai produk yang berbeda dengan sekolah dasar negeri. Konsep bisnis dan pemasaran sudah saatnya diterapkan dalam lembaga pendidikan sehingga memiliki competitive advantage, Terlebih dengan semakin banyaknya lembaga pendidikan yang memiliki sistem pendidikan yang serupa. Apabila tidak diimbangi dengan strategi pemasaran pendidikan yang matang, pengembangan kualitas yang semakin baik, juga pelayanan yang memuaskan, maka akan tertinggal dengan lembaga serupa lainnya Oleh karena itu, Penelitian tertarik untuk mengetahui strategi pemasaran di Madrasah Ibtidaiyah Muhamadiyah Pasir Muncang dan Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat Banyumas. Madrasah Ibtidaiyah Muhamadiyah Pasir Muncang dan Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsoka merupakan sekolah swasta berbasis Manajemen Pendidikan Islam. Dalam menjalankan kegiatannya, keduanya memiliki pesaing berupa lembaga pendidikan yang memiliki sistem pendidikan yang serupa. Oleh karena itu diperlukan strategi pemasaran pendidikan yang matang, pengembangan kualitas yang semakin baik, juga pelayanan yang memuaskan, maka akan tertinggal dengan lembaga serupa lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dalam metode pengumpulan datanya. Penelitian dilakukan pada bulan Februari-Maret 2017. Sementara untuk analisis data penulis menggunakan tekhnik analisis Huberman dan Miles. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi pemasaran di Madrasah Ibtidaiyah Muhamadiyah Pasir Muncang dan Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsokasudah terlaksana dengan baik. Strategi pemasaran jasa pendidikan yang digunakan sangat membantu untuk meningkatkan citra madrasah. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan strategi pemasaran di kedua sekolah terdiri dari dua faktor yaitu penunjang dan penghambat. Faktor penunjang yaitu komitmen kepala sekolah yang tinggi, dukungan warga sekolah yang tinggi dan komitemen yayasan tempat kedua sekolah bernaung. Selain faktor-faktor pendukung, terdapat juga faktor-faktor penghambat pelaksanaan strategi pemasaran Madrasah Ibtidaiyah Muhamadiyah Pasir Muncang dan Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsoka, antara lain kurangnya komunikasi antar warga sekolah dan kurangnya tanggapan dan persepsi orang tua dan masyarakat tentang sosialisasi yang diberikan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, pemasaran, pendidikan, madrasah ibtidaiyah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 09 Oct 2017 02:04
Last Modified: 09 Oct 2017 02:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3101

Actions (login required)

View Item View Item