IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

Faisya Nasywa, Adelia (2025) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
214110402249_Faisya Nasywa Adelia.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Abstrak Al-Qur'an adalah pedoman utama bagi umat Islam, yang diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui perantara Malaikat Jibril yang membacanya dianggap sebagai suatu ibadah yang sangat mulia. Pembelajaran Al-Qur'an penting dalam menciptakan generasi Qur'ani yang mampu menyelamatkan peradaban dunia di masa depan sebagaimana yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad. Setiap lembaga pendidikan pasti mempunyai program pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas peserta didik. MI Istiqomah Sambas Purbalingga merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam di Purbalingga yang mengutamakan pembelajaran Al-Qur'an, yang memiliki program unggulan salah satunya yaitu program metode ummi dalam menghafal Al-Qur'an. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan implementasi metode ummi dalam menghafal Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan metode penelitian semi kuantitatif melalui observasi, wawancara, dan studi literatur dengan membandingkan hasil temuan yang didapat di lokasi penelitian. Lokasi yang diteliti tersebut adalah MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Subjek penelitian terdiri dari, kepala madrasah, kepala bidang keagamaan, guru tahfidz dan ummi, siswa kelas 2. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana pelaksanaan metode ummi dalam menghafal Al-Qur'an Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode ummi dalam menghafal Al-Qur'an di MI Istiqomah Sambas Purbalingga telah memberikan kontribusi yang positif dalam peningkatan kemampuan peningkatan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur'an siswa, pelaksanaan pembelajaran dimulai dari pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pernahaman konsep, latihan/keterampilan, evaluasi, dan penutup dengan menggunakan pedoman breakdown. Kegiatan pembelajaran berjalan efektif ditandai dengan evaluasi peserta didik yang membaca Al-Qur'an sudah baik dan benar dan sudah mencapai target yang telah ditentukan setiap harinya. Kata Kunci: Implementasi, Menghafal Al-Qur'an, Metode Ummi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Menghafal Al-Qur'an, Metode Ummi
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Faisya Nasywa Adelia
Date Deposited: 26 May 2025 06:31
Last Modified: 26 May 2025 06:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31008

Actions (login required)

View Item View Item