Chyin, Diana Binarsari (2025) PENGARUH PROMO TEBUS MURAH DAN WEEKEND JUM’AT, SABTU, MINGGU (JSM) PADA ALFAMART KECAMATAN CIMANGGU TERHADAP CONSUMER BEHAVIOUR DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Skripsi Chyin Diana Binarsari..pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Alfamart Kecamatan Cimanggu merupakan salah satu cabang minimarket PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk kabupaten Cilacap yang memiliki banyak cabang seperti di Kecamatan Cimanggu, Majenang, Karangpucung. Alfamart Kecamatan Cimanggu merupakan jaringan minimarket yang tersebar luas di Indonesia, termasuk di Kecamatan Cimanggu. Di wilayah ini, terdapat beberapa toko Alfamart yang melayani kebutuhan sehari-hari masyarakat. Salah satunya berperan penting dalam menyediakan berbagai produk kebutuhan pokok bagi warga sekitar serta memberikan dukungan pertumbuhan ekonomi lokal melalui kemitraan dengan pelaku UMKM. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Promo Tebus Murah, Promo Weekend (JSM) terhadap Consumer Behaviour, serta Promo Tebus Murah dan Promo Weekend (JSM) dalam Perspektif Ekonomi Islam secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, kemudian metode penelitian yang digunakan kuantitatif. Dalam metode kuantitatif dengan populasi penelitian adalah konsumen Alfamart Kecamatan Cimanggu dan karyawan dengan jumlah sampel 100 responden. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan menggunakan kuesioner. Analisis data penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliability, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji uji koefisien determinasi dengan alat bantu SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel promo tebus murah terhadap consumer behaviour. Hasil uji t disimpulkan bahwa Promo Tebus Murah signifikan terhadap Consumer Behaviour, sedangkan promo weekend tidak signifikan dan hasil uji f disimpulkan bahwa Promo tersebut secara bersamaan signifikan terhadap Consumer Behaviour. Sedangkan pada promo tebus murah dan weekend dalam Pespektif Ekonomi Islam transaksi ini termasuk kategori Al-'Uqūd Al-Mutaqābilah. Promo tebus murah dan weekend secara syariah diperbolehkan apabila tidak ada unsur tabzir (pemborosan) dan israf (berlebihan) agar tidak menjurus pada perilaku konsumtif yang merusak nilai kejujuran, keadilan, kesederhanaan dan tanggung jawab. Kata Kunci: Promo Tebus Murah, Promo Weekend, Consumer Behaviour, Jual Beli.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promo Tebus Murah, Promo Weekend, Consumer Behaviour, Jual Beli. |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Chyin Diana Binarsari |
Date Deposited: | 21 May 2025 04:07 |
Last Modified: | 21 May 2025 04:07 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30962 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |