Mustika, Sari Dewi (2025) ANALISIS PENERAPAN SEGMENTASI PASAR PADA PRODUK PEMBIAYAAN USAHA DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT UNTUK MENGAJUKAN PEMBIAYAAN (STUDI KASUS KSPPS BMT SYIRKAH MUAWANAH KRAMAT CABANG KETANGGUNGAN - BREBES). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
MUSTIKA SARI D_Analisis Penerapan Segmentasi Pasar Pada Produk Pembiayaan Usaha Dalam Meningkatkan MInat Masyarakat Untuk Mengajukan Pembiayaan.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
KSPPS BMT Syirkah Muawanah Kramat Cabang Ketanggungan merupakan sebuah lembaga keuangan berupa koperasi yang berprinsip syariah. KSPPS BMT Syirkah Muawanah Kramat Cabang Ketanggungan menyediakan produk berupa. simpanan, pembiayaan, pinjaman uang, deposito dan lain-lain. KSPPS BMT Syirkah Muawanah Kramat Cabang Ketanggungan memasarkan produknya ke nasabah yaitu melalui segmentasi pasar ke beberapa jenis sesuai dengan kemauan, keperluan, dan karakteristik. Dalam 2 tahun terakhir terjadi peningkatan jumlah nasabah pada produk pembiayaan usaha, namun masih belum secara signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan segmentasi pasar pada produk pembiayaan usaha yang digunakan dalam meningkatkan minat masyarakat untuk mengajukan pembiayaan pada KSPPS BMT Syirkah Muawaah Kramat cabang Ketanggungan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskritif analitis, pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan metode observasi langsung. Metode kedua dengan wawancara dengan pihak yang terkait diantaranya Kepala Kantor, tim Marketing, dan Supervisi. Metode ketiga yaitu dokumentasi dengan mengumpulkan data-data pendukung. Selanjutnya data tersebut dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa KSPPS BMT Syirkah Muawanah Kramat cabang Ketanggungan telah menerapkan segmentasi pasar untuk meningkatkan minat masyarakat dalam pengajuan pembiayaan. Dengan menggunakan pendekatan segmentasi geografis dan demografis, mereka dapat mengelompokkan nasabah berdasarkan wilayah dan karakteristik tertentu, seperti usia, pekerjaan, dan pendapatan. Penerapan segmentasi pasar ini tidak hanya membantu KSPPS dalam membedakan dan mengelompokkan nasabah, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap perkembangan koperasi. Selain itu juga, KSPPS telah berhasil menerapkan segmentasi pasar yang sejalan dengan prinsip Pemasaran syariah, salah satunya dengan fokus pada kepatuhan syariah. Kata Kunci : KSPPS BMT Syirkah Muawanah Kramat cabang Ketanggungan, Segmentasi Pasar, Produk Pembiayaan Usaha.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KSPPS BMT Syirkah Muawanah Kramat cabang Ketanggungan, Segmentasi Pasar, Produk Pembiayaan Usaha. |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | MUSTIKA SARI DEWI sdri |
Date Deposited: | 16 May 2025 02:27 |
Last Modified: | 16 May 2025 02:27 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30938 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |