ANI, SUMARYAM (2021) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA SIMPANAN WADIAH DI KSPPS BMT MENTARI BUMI PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
![]() |
Text
ANI SUMARYAM_PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA SIMPANAN WADIAH DI KSPPS BMT MENTARI BUMI PURBALINGGA (1).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Dewasa ini semakin banyaknya lembaga keuangan syariah non bank seperti koperasi syariah berbasis BMT tumbuh kembang di berbagai daerah yang mendorong persaingan dalam dunia usaha semakin ketat. Hal tersebut mengharuskan perusahaan untuk lebih memperhatikan kebutuhan yang diinginkan oleh pelanggan dalam upaya menarik dan mempertahankan hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Sehingga dibutuhkan customer relationship management (CRM) dan kualitas pelayanan yang baik untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan nasabah. CRM dan kualitas pelayanan merupakan bagian dari faktor untuk meningkatkan loyalitas anggota sehingga dapat mempengaruhi keberhasilan dan keberadaan koperasi syariah berbasis BMT akan selalu terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CRM dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota simpanan wadiah di KSPPS BMT Mentari Bumi Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota simpanan wadiah KSPPS BMT Mentari Bumi Purbalingga dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 85 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik sampel yang digunakan random sampling. Analisis data dilakukan melalui korelasi rank spearman, koefisien konkordansi kendall w dan analisis regresi ordinal dengan alat bantu aplikasi IBM SPSS versi 22. Berdasarkan analisis korelasi rank spearman disimpulkan bahwa CRM dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif terhadap loyalitas anggota simpanan wadiah di KSPPS BMT Mentari Bumi Purbalingga. Hasil korelasi konkordansi kendall w menunjukkan hasil sebesar 0,829 menunjukkan adanya korelasi yang sangat kuat antara CRM dan kualitas pelayanan dengan arah yang positif. Pengujian regresi ordinal tabel model fitting information menunjukkan bahwa kedua variabel independen yaitu CRM dan kualitas pelayanan secara simultan memiliki pengaruh terhadap loyalitas anggota simpanan wadiah di KSPPS BMT Mentari Bumi Purbalingga.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Sdri Ayuk Kusumaningrum |
Date Deposited: | 14 May 2025 06:21 |
Last Modified: | 14 May 2025 06:21 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30931 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |