ANALISIS DESKRIPTIF TOLERANSI BERAGAMA DI SMK MPU TANTULAR KEMRANJEN BANYUMAS

Siti, Fatimah (2025) ANALISIS DESKRIPTIF TOLERANSI BERAGAMA DI SMK MPU TANTULAR KEMRANJEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Siti Fatimah_ Analisis Deskriptif Toleransi Beragama di SMK Mpu Tantular Kemranjen Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sekolah SMK Mpu Tantular Kemranjen, Banyumas merupakan sekolah kejuruan yang berasal dari berbagai latar belakang agama. Meskipun terdapat perbedaan agama tidak menjadi permasalahan dalam lingkungan sekolah, mereka memiliki kehidupan masing-masing tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu menciptakan perdamaian satu sama lain. Toleransi beragama merupakan nilai penting dalam masyarakat indonesia yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dinamika sosial dan keagamaan di sekolah SMK Mpu Tantular Kemranjen dalam membangun lingkungan yang toleran dan mengidentifikasikan bentuk-bentuk toleransi beragama yang terwujud dalam lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi langsung dan wawancara secara langsung dengan siswa-siswi dan pihak sekolah terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMK Mpu Tantular Kemranjen sangat menjunjung tinggi nilai dan prinsip toleransi beragama sehingga, adanya perbedaan keyakinan dianut, selain itu juga siswa-siswinya dalam kegiatan- kegiatan yang mempromosikan kerukunan dan pemahaman antar agama. Kata kunci: Toleransi beragama, SMK Mpu Tantular Kemranjen, Pendidikan Agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Toleransi Beragama, SMK Mpu Tantular Kemranjen, Pendidikan Agama.
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora
Depositing User: Siti fatimah
Date Deposited: 05 May 2025 07:10
Last Modified: 05 May 2025 07:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30911

Actions (login required)

View Item View Item