POLA ASUH ORANG TUA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN DI TK ISLAM AL-FATTAH SUMAAMPIR PURWOKERTO

Siti, Rahayu (2025) POLA ASUH ORANG TUA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN DI TK ISLAM AL-FATTAH SUMAAMPIR PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img] Text
Siti Rahayu_Pola Asuh Orang Tua dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 4-5 Tahun di TK Islam Al-Fattah Sumampir Purwokerto .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak: Pola asuh merupakan gambaran yang digunakan orang tua untuk mengasuh, merawat dan mendidik anak-anaknya. Jenis pola asuh anak usia dini ada tiga yang pertama yaitu ada pola asuh otoriter, pola asuh permisif, dan pola asuh demokrasi (otoritatif). Pola asuh orang tua sangat penting bagi anak dan akan mempengaruhi kehidupan anak hingga ia dewasa, oleh sebab itu orang tua hendaknya memperhatikan pemilihan pola asuh yang tepat sehingga anak memiliki perilaku sosial dan emosional yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini 4-5 tahun di TK Islam Al-Fattah Sumampir Purwokerto. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif berupa deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola asuh otoriter lebih dominan di antara orang tua di TK Islam Al-Fattah. Pola ini ditandai dengan peraturan yang ketat dan minimnya komunikasi dua arah, yang dapat berdampak pada rendahnya kepercayaan diri anak dan kesulitan dalam bersosialisasi. Sementara itu, pola asuh otoritatif yang seimbang antara aturan dan kebebasan terbukti lebih efektif dalam membentuk anak yang mandiri dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah. Pola asuh permisif, yang memberikan kebebasan tanpa batasan yang jelas, cenderung membuat anak kurang disiplin dan sulit memahami aturan sosial. Kata Kunci: Anak usia dini, perkembangan social emosional, pola asuh orang tua

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Perkembangan Sosial Emosional, Pola Asuh Orang Tua
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: SITI RAHAYU
Date Deposited: 30 Apr 2025 06:38
Last Modified: 30 Apr 2025 06:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30900

Actions (login required)

View Item View Item