Alma, Yashifa (2025) KONSTRUKSI “GEMOY” DALAM MEDIA SOSIAL (ANALISIS FRAMING MODEL ROBERT N. ENTMAN DI AKUN TIKTOK @prabowogemesin). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
1. SKRIPSI ALMAYASHIFAA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengkaji konstruksi makna dari istilah "gemoy" dalam komunikasi politik di media sosial TikTok, dengan fokus pada akun @prabowogemesin yang secara intensif membingkai citra Prabowo Subianto. Menggunakan pendekatan analisis framing dari Robert N. Entman, studi ini mengeksplorasi bagaimana konten digital disusun untuk menciptakan narasi politis yang bersifat ringan, humoris. Temuan menunjukkan bahwa akun tersebut tidak sekadar menyampaikan pesan kampanye, melainkan membentuk persepsi publik melalui citra Prabowo yang santai, dekat dengan rakyat, dan menyenangkan—citra yang jauh dari stereotip tokoh politik yang kaku. Elemen framing seperti pendefinisian masalah, penafsiran sebab, evaluasi moral, dan anjuran solusi digunakan secara efektif untuk menyampaikan sisi humanis Prabowo melalui ekspresi "gemoy". Fenomena ini mencerminkan pergeseran dalam strategi komunikasi politik di era digital, di mana narasi dibangun bukan hanya melalui argumentasi, tetapi juga melalui simbol-simbol budaya populer. Penelitian ini berkontribusi dalam memperluas pemahaman tentang bagaimana media sosial menjadi arena baru pembentukan makna politik, serta pentingnya pendekatan kreatif dan emosional dalam menjangkau generasi muda pemilih.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | framing, gemoy, TikTok, Prabowo Subianto, media sosial, komunikasi politik |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Alma Yashifa |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 01:45 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 01:45 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30861 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |