Hanifah, Abir Andriana (2025) FENOMENA FLEXING DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE CHANNEL VILMEI (ANALISIS ISI MODEL PHILIPP MAYRING). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Hanifah Abir Andriana_Fenomena Flexing di Media Sosial Youtube Channel Vilmei (Analisis Isi Model Philipp Mayring).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Banyaknya pengguna Youtube di Indonesia menjadi salah satu sasaran untuk bisa melakukan flexing yang sudah mulai popular, mulai dari kalangan artis hingga Influencer yang ingin menunjukan kekayaannya. Dengan mulai ramainya fenomena flexing di media sosial, peneliti tertarik untuk mengangkat masalah flexing di salah satu platform media sosial yaitu Youtube. Youtube merupakan platform yang menawarkan layanan berbasis video. Peneliti memilih salah satu Channel Youtube Influencer terkenal yaitu Vilmei. Penelitian ini merupakan studi kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang menjelaskan data dengan mendalam. Sampel penelitian dikumpulkan melaluli metode dokumentasi unggahan video di Channel Youtube Vilmei penelitian ini menganalisis fenomena flexing menggunakan Teori Analisis Isi Model Philipp mayring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fenomena flexing pada Channel Youtube Vilmei menunjukkan beberapa tanda-tanda dan makna yang diperlihatkan dengan jelas tujuan dari pembuatan konten-konten tersebut, yaitu untuk menunjukkan status sosial, menunjukkan kemampuan hingga memberikan atau menciptakan kesan pada orang lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fenomena, Flexing, Media Sosial Youtube |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Hanifah Abir Andriana |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 08:04 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 08:04 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30795 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |