ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X MAN DI KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

AFIFAH, 1323301164 (2017) ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X MAN DI KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
AFIFAH_ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X MAN DI KABUPATEN CILACAP TAHUN P.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Evaluasi hasil belajar merupakan rangkaian yang tidak terpisahkan dengan proses pembelajaran. Guru sebagai pendidik, pengajar dan pembimbing setiap saat melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab, sehingga evaluasi menempati posisi yang sangat strategis dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ulangan akhir semester genap mata pelajaran Fiqih kelas X MAN di Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2015/2016 ditinjau dari analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda serta fungsi pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan menggunakan program Anates. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 50 butir soal ulangan akhir semester genap mata pelajaran Fiqih kelas X MAN di Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2015/2016 belum baik berdasarkan analisis empirik yang meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, serta fungsi pengecoh dengan rincian sebagai berikut. Secara validitas 36 butir soal yang valid, reliabilitas soal sebesar 0,621 berarti intrumen soal dinyatakan reliabel, tingkat kesukaran butir soal mayoritas cukup, daya pembeda butir soal yang termasuk jelek sebanyak 27 butir soal, 15 butir soal termasuk kategori cukup, 7 butir soaltermasuk kategori baik, dan 1 butir soaltermasuk kategori negatif, serta fungsi pengecohnya belum dikatakan baik karena hanya 7 butir soal (14%) distraktor yang mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, fungsi pengecoh
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 05 Oct 2017 02:16
Last Modified: 05 Oct 2017 02:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3071

Actions (login required)

View Item View Item