Fajar Subekhi, NIM. 1323308051 (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DIPONDOK PESANTREN TAKHFIDZUL QUR`AN AN-NURIYAH BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
FAJAR SUBEKHI_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN TAKHFIDUL QUR’AN AN-NURIYYAH .pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan karakter menjadi wacana yang ramai dibicarakan di dunia pendidikan, maupun di kalangan masyarakat umum. Kebutuhan akan pendidikan yang dapat melahirkan manusia Indonesia yang berkualitas, sangat dibutuhkah, sebab degradasi moral yang terus menerus terjadi, pada generasi. terilihat jumlah santri masuk tiap tahun mengalami peningkatan. Hal tersebut menunjukan bahwa Pondok Pesantren Takhfidul Qur’an An-Nuriyyah Bumiayu mampu bertahan di kancah modern dengan diterapkannya pendidikan karakter di pondok tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana Implementasi Pendididikan Karakter Di Pondok Pesantren Takhfidzul Qur`An An-Nuriyah Bumiayu Kabupaten Brebes? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Pendididikan Karakter Di Pondok Pesantren Takhfidzul Qur`An An-Nuriyah Bumiayu Kabupaten Brebes. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan tentang pelaksanaan kegiatan terpadu dalam pendidikan karakter dan hasil pemikiran ini dapat menjadi sumbangan pemikiran untuk mengembangkan pendidikan karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, sedangkan dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan tiga cara, yaitu: metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, setelah data terkumpul , dilanjutkan dengan cara menganalisis data. Analisis data dilakukan dalam penelitian ini dilakukan sejak sebelum di lapangan dan setelah dilapangan. Hasil penelitian yang penulis lakukan bahwa implementasi pendidikan karakter di Pondok Pesantren Tahfidul Qur’an An-Nuriyyah Bumiayu dilaksanakan dengan menerapakan nilai-nilai religius, jujur, tanggung jawab, toleransi, mandiri, demokratis, disiplin, dan kerja keras. Yang dilaksanakan melalui metode pengajaran, keteladanan, pembiasaan, dan hukuman melalui perencanaan program.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. lutfie MZ |
Date Deposited: | 04 Oct 2017 08:51 |
Last Modified: | 04 Oct 2017 08:51 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3064 |
Actions (login required)
View Item |