PENERAPAN PUNISHMENT DAN REWARD DALAM PENDIDIKAN DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL AL-AZHARY DESA LESMANA KEC. AJIBARANG KAB. BANYUMAS

Sri Endang Wijiastuti, NIM. 1323301033 (2017) PENERAPAN PUNISHMENT DAN REWARD DALAM PENDIDIKAN DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL AL-AZHARY DESA LESMANA KEC. AJIBARANG KAB. BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SRI ENDANG WIJIASTUTI_PENERAPAN PUNISHMENT DAN REWARD DALAM PENDIDIKAN DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran di sekolah dan pondok pesantren terkadang apa yang disampaikan oleh Guru/Ustadz dapat diterima dengan baik terkadang juga ada yang tidak dapat menerima dengan baik oleh peserta didik/santri. Oleh karena itu, perlu kiranya dari pihak guru/ustadz melakukan usaha atau perbuatan agar tujuan pendidikan tersebut dapat tercapai dengan baik. Usaha dan perbuatan tersebut dapat dilakukan dan dicapai dengan menggunakanalat pendidikan, salah satunya yaitu: hukuman (punishment)diberikan kepada peserta didik/santri yang melakukan pelanggaran ataupun kesalahan sebagai konsekuensi dari perbuatannya. Sedangkan pemberian ganjaran (reward)sebagaibentuk penghargaan atas prestasi yang diraihnya dan melaksanakan kegiatan dengan baik yang ada di sekolah dan pondok pesantren. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang. Lokasi penelitian diIslamic Boarding School Al-Azhary Desa Lesmana Kec. Ajibarang Kab. Banyumas.Subjek pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah,Wakil Kepala Sekolah, Guru/Ustad, Kepala Pesantren dan Peserta Didik/Santri, sedangkan obyek penelitiannya adalah penerapan punishment dan reward dalam pendidikan di Islamic Boarding School Al-Azhary.Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi guna mengungkapkan sebab dan proses terjadinya peristiwa yang dialami oleh subjek penelitian. Sedangkan tekhnik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukanbahwa: penerapan punishmentdan rewarddalam pendidikan di Islamic Boarding School Al-Azhary menurut penulis, berjalan lancar sesuai dengan peraturan dan kesepakatan yang berlaku pemberian hukuman (punishment) dalam bentuk point (nilai) berdasarkan kriteria tingkat pelanggaran dari hukuman ringan, sedang sampai yang ke hukuman berat, adapun penerapan punishmentyang ada di Islamic Boarding School Al-Azhary berupa: hukuman preventif yaitu:peraturan tata tertib, anjuran dan perintah, larangan, paksaan, dan disiplin, dan hukuman represif yaitu: teguran, pemberian poin (nilai), peringatan, pemberitahuan, di Isolasi (karangtina), mambaca Al-Qur’an dan hafalan suratan pendek, bersih-bersih halaman, dan lari-lari memutari halaman sekolah.Sedangkan bentuk penerapan reward di Islamic Boarding School Al-Azharyyaitu: Reward berupa benda, Reward berupa materi, Tanda penghargaan, dan Ucapan terimakasih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Punishment, Reward, Pendidikan, Boarding School.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 04 Oct 2017 08:43
Last Modified: 04 Oct 2017 08:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3061

Actions (login required)

View Item View Item