PENGARUH FAKTOR DEMOGRAFI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO SERBA 35 DI KABUPATEN BANYUMAS

Untung, Aji Santoso (2025) PENGARUH FAKTOR DEMOGRAFI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO SERBA 35 DI KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Untung Aji Santoso_Pengaruh Faktor Demografi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Serba 35 di Kabupaten Banyumas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Banyumas memiliki potensi pasar yang besar dalam sektor ritel pakaian, ditunjukkan oleh tingginya minat masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sandang. Masyarakat Banyumas aktif menjelajahi berbagai tempat perbelanjaan, baik pusat perbelanjaan modern maupun pasar tradisional, demi mendapatkan pakaian yang sesuai dengan kemampuan finansial mereka. Namun, berdasarkan data pengeluaran per kapita sebulan, sebagian besar masyarakat Banyumas masih berada pada kelompok pengeluaran di bawah satu juta rupiah, sehingga daya beli mereka tergolong terbatas. Kondisi ini menjadikan Toko Serba 35 sebagai alternatif solutif untuk memenuhi kebutuhan pakaian dengan harga yang terjangkau. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 115 responden yang merupakan konsumen Toko Serba 35, dan dipilih menggunakan teknik snowball dan judgement sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner dengan skala Likert. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen, serta pengujian asumsi klasik seperti normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisi tas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor usia secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko serba 35. Faktor pendapatan secara parsial juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko serba 35. Selanjutnya, faktor pendidikan secara parsial terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko serba 35. Sementara itu, faktor demografi: usia, pendapatan, dan pendidikan secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Serba 35.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Usia, Pendapatan, Pendidikan, Demografi, Keputusan Pembelian, Regresi Linier Berganda
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Untung Aji Santoso
Date Deposited: 24 Apr 2025 02:39
Last Modified: 24 Apr 2025 02:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30603

Actions (login required)

View Item View Item