IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA TPQ NURUL IMAN CIWUNI KESUGIHAN CILACAP

Annisa, Fajar Utami (2025) IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA TPQ NURUL IMAN CIWUNI KESUGIHAN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Annisa Fajar Utami.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an digunakan sebagai pedoman hidup bagi seseorang yang beragama Islam. Oleh karena itu sebagai umat Islam yang beriman mempelajari dan membaca al-Qur’an itu sebagai kewajiban. Adanya pembelajaran membaca Al-Qur’an ini sangat penting karena dapat membimbing dan melatih anak dalam membaca Al-Qur’an yang sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Penggunaan metode pembelajaran yang tepat juga berpengaruh terhadap kualitas dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Karena untuk menempuh pembelajaran membaca Al-Qur’an juga memerlukan waktu yang tidak singkat. Hal diatas membuat guru harus dapat memilih metode pembelajaran yang tepat dan mudah dipahami oleh peserta didik untuk belajar ilmu tajwid., salah satunya sepertii metode An-nahdliyah ini. Metode An-Nahdliyah ialah metode pembelajaran yang mempunyai ciri khas dalam penerapannya yaitu menggunakan ketukan dan menekankan pada kesesuaian dan keteratuan bacaan atau titian murottal yakni dengan adanya jarak pelafalan dari satu huruf dengan huruf lainnya disertai ketutakan menggunakan stik. Sehingga tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan tentang bagaimana implementasi metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Nurul Iman Ciwuni Kesugihan Cilacap. Penelitian ini mengggunakan penelitian lapangan bersifat kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi,wawancara, dan dokumentasi. Subjek ada penelitian ini yaitu Ustadz dan Ustadzah serta santri TPQ Nurul Iman Ciwuni. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Nurul Iman ini berjalan dengan efektif dan juga baik, dan dengan metode ketukan ini santri menjadi lebih cepat dalam memahami tentang panjang pendeknya bacaan Al-Qur’an. Dengan ustadz/ustadzah mempersiapkan perencanaan menggunakan buku pedoman An-Nahdliyah. Dan untuk evaluasi yang digunakan ada evaluasi harian, bulanan, dan juga tahunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode An-Nahdliyah, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Annisa Fajar Utami
Date Deposited: 24 Apr 2025 01:39
Last Modified: 24 Apr 2025 01:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30591

Actions (login required)

View Item View Item