Muhamad Hadaf, Agung Sudrajat (2025) PERAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MI MA'ARIF 01 CILOPADANG KECAMATAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Muhamad Hadaf Agung Sudrajat_PERAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MI MA'ARIF 01 CILOPADANG, KECAMATAN MAJENANG, KABUPATEN CILACAP.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran supervisi kepala madrasah dalam pelaksanaan kurikulum merdeka di MI Ma’arif 01 Cilopadang, Kecamatan Majenang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum merdeka telah berhasil diterapkan di MI Ma’arif 01 Cilopadang. Pada tahun 2022, Kemendikbudristek dan Kemenag meluncurkan kurikulum baru ini sebagai pengganti kurikulum sebelumnya, yaitu kurikulum 2013. Madrasah ini telah melaksanakan berbagai kegiatan, termasuk P5, P2RA, dan berbagai kegiatan ekstrakurikuler untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka. Penerapan ini memerlukan manajemen yang baik, mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, sebagai langkah untuk mencapai tujuan kurikulum yang diinginkan. Kepala madrasah bertanggung jawab atas aspek ini, termasuk tantangan yang dihadapinya. Keberhasilan dalam menerapkan kurikulum sangat dipengaruhi oleh faktor kepemimpinan, sehingga madrasah memerlukan sosok pemimpin yang efektif untuk menjalankan proses ini. Sebagai pemimpin pendidikan, kepala madrasah memiliki peran penting sebagai supervisor yang mengamati dan mengawasi implementasi kurikulum, dengan tujuan agar pelaksanaannya berjalan dengan baik. Dalam perannya sebagai supervisor, kepala madrasah menjalankan fungsi penting, termasuk mengawasi dan membimbing, serta berperan sebagai konsultan, koordinator, pemimpin kelompok, dan evaluator. Ia juga telah menggunakan teknik dan pendekatan yang tepat dalam program supervisi akademik dan administrasi untuk memahami kondisi kegiatan pembelajaran di madrasah. Selain itu, kepala madrasah aktif berupaya meningkatkan kemampuan guru melalui bimbingan dan pembinaan, sehingga guru dapat berkembang menjadi lebih profesional dalam mengajar. Penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi kepala madrasah lainnya dalam mengembangkan perannya sebagai supervisor guna meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih terjamin.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Supervisi pendidikan, Kepala Madrasah, Kurikulum Merdeka, Implementasi Kurikulum, Pendidikan, MI Ma’arif 01 Cilopadang. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muhamad Hadaf Agung Sudrajat |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 01:35 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 01:35 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30586 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |