IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'AN DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN SISWA DI MI NEGERI 3 BANJARNEGARA

Siti, Robinah (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'AN DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN SISWA DI MI NEGERI 3 BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Siti Robinah_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'AN DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN SISWA DI MI NEGERI 3 BANJARNEGARA .pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an adalah proses menghafal Al-Qur'an dengan tujuan menjaga kemurnian dan kelestarian wahyu Allah SWT. Proses ini menggunakan metode dan strategi serta kedisiplinan yang tinggi dari para penghafalnya. Penelitian in bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran tahfidz Al-Qur'an dan mendeskripsikan pembelajaran tahfidz Al-Qur'an dalam membentuk kedisiplinan siswa di MI Negeri 3 Banjarnegara. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui tiga tahap yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis model Miles and Huberman berupa reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa didakan pembelajaran tahfidz Al-Qur'an di Ml Negeri 3 Banjarnegara dirancang dengan tujuan untuk mencetak generasi Qur'ani sejak dini dan menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Qur'an. Dalam proses perencanaan, pertama yang dilakukan adalah menentukan siswa melalui tes tertulis dan lisan yang diikuti dari kelas 3 sampai kelas 6 kemudian, materi yang diajarakan berupa Juz 30 dan kegiatan pembelajaran dilaksanakan setiap hari Senin sampai Kamis pukul 13.00-14.00 WIB dengan menggunakan metode talaqi dan muraja'ah. Pembelajaran tahfidz dalam kelas tahfidz terdapat struktur organisasi yang khusus terdiri dari Kepala Madrasah, koordinator tahfidz, dan guru tahfidz. Pelaksanaan kegiatannya guru melakukan pengkondisian siswa, maraja'ah bersama-sama maupun sendiri, setoran hafalan dan akan dinilai oleh guru melalui kartu hafalan, serta guru melakukan refleksi dan memberikan motivasi kepada siswa. Evaluasi dalarn pembelajaran tahfidz Al-Qur'an dilaksanakan dua kali tahapan yaitu evaluasi harian dan evalusi akhir semester. Pembelajaran tahfidz Al-Qur'an di MI Negeri 3 Banjarnegara tidak hanya meningkatkan keterampilan menghafal, tetapi juga mendisiplinkan siswa. Dengan adanya jadwal yang struktur siswa diajarkan untuk datang tepat waktu, bertanggung jawab terhadap hafalan, dan mematuhi aturan. Kebiasaan disiplin ini bermanfaat dalam pendidikan dan kehidupan sehari-hari, menjadikan pembelajaran tahfidz sebagai sarana efektif untuk menanamkan nilai-nilai disiplin dan membentuk karakter positif siswa di masa depan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Tahfidz Al-qur'an, Kedisiplinan Siswa
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Robinah
Date Deposited: 24 Apr 2025 03:44
Last Modified: 24 Apr 2025 03:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30572

Actions (login required)

View Item View Item