STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS PEMERINTAH KABUPATEN PURBALINGGA DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF DI MASYARAKAT

Wafi Ratul, Afida (2025) STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS PEMERINTAH KABUPATEN PURBALINGGA DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF DI MASYARAKAT. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
WAFI RATUL AFIDA_STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS PEMERINTAH KABUPATEN PURBALINGGA DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF DI MASYARAKAT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunikasi yang baik sangat diperlukan khususnya dalam pengelolaan kehumasan baik di dalam sebuah organisasi, lembaga maupun instansi. Hubungan masyarakat atau public relations berfungsi sebagai media komunikasi dengan pemangku kepentingan untuk memberi informasi kepada masyarakat tentang visi, misi, tujuan, dan rencana suatu organisasi. Dalam memberikan informasi peran dari media menjadi kekuatan besar untuk membentuk opini publik.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang berfokus pada humas pemerintah Kabupaten Purbalingga. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategikomunikasi humas pemerintah dalam meningkatkan citra positif di masyarakat mengadopsi model Press Agentry digunakan dalam kegiatan yang bertujuan membentuk citra positif pemerintah secara satu arah, seperti program Sekolah Rakyat, makan bergizi gratis, dan aksi sosial Bupati yang dipublikasikan melalui media sosial. Kedua, model Public Information diterapkan dalam penyampaian informasi yang faktual dan transparan kepada masyarakat, melalui media sosial, televisi lokal, website resmi, dan pers rilis. Ketiga, model Two-Way Asymmetrical digunakan dalam program pemberdayaan ekonomi seperti bazar UMKM dan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), di mana komunikasi bersifat dua arah tetapi masih berorientasi pada kepentingan pemerintah. Terakhir, model Two-Way Symmetrical terlihat dalam kegiatan yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat secara seimbang, seperti program Tarling, konsultasi publik dalam penyusunan RKPD, serta layanan digital seperti Matur Bup dan WhatsApp Lapor Mas Bup. Temuan ini menggambarkan bahwa strategi komunikasi Pemerintah Kabupaten Purbalingga bersifat variatif, adaptif, dan disesuaikan dengan karakteristik program maupun kebutuhan masyarakat. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Humas, Citra, Pemerintah Kabupaten Purbalingga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Humas, Citra, Pemerintah Kabupaten Purbalingga
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 379 Government regulation, control, support
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Wafi Ratul Afida
Date Deposited: 23 Apr 2025 07:46
Last Modified: 23 Apr 2025 07:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30541

Actions (login required)

View Item View Item