Triani Nur, Hanifah (2025) PENGARUH PROMO DISKON, SISTEM CASH ON DELIVERY (COD), DAN GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI SHOPEE (STUDI PADA IBU RUMAH TANGGA DI DESA GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
TRIANI NUR HANIFAH_PENGARUH PROMO DISKON, SISTEM (CASH ON DELIVERY) COD, DAN GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI SHOPEE (STUDI PADA IBU RUMAH TANGGA DI DESA GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS).pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Adanya e-commerce membantu masyarakat memenuhi kebutuhan manusia dengan lebih cepat dan efisien. Dari berbagai e-commerce yang ada, Shopee adalah e-commerce yang paling populer. Perkembangan e-commerce di Indonesia ini telah menyentuh semua wilayah, khususnya di pedesaan khususnya di Desa Gumelar dan pada kalangan ibu rumah tangga. Banyaknya kemudahan yang didapatkan melalui belanja online membuat ibu rumah tangga mudah tertarik mengkonsumsi produk yang diinginkannya. Alasan peneliti melakukan penelitian ini yakni merujuk pada fakta bahwa perkembangan e-commerce saat ini telah memasuki wilayah pedesaan yang merubah banyak perilaku konsumen menjadi konsumtif khususnya bagi para ibu rumah tangga di pedesaan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah pengaruh promo diskon, sistem COD dan gratis ongkos kirim secara parsial dan secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian melalui Shopee. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian berjumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan kuesioner. Uji instrumen yang digunakan yaitu dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang dipakai yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Metode analisis data yang dipakai pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, serta menggunakan uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel promo diskon, sistem COD dan gratis ongkos kirim berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen Shopee di Desa Gumelar. Kemudian secara simultan, variabel promo diskon, sistem COD dan gratis ongkos kirim berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen Shopee dengan persentase sebesar 66,2 %.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keputusan Pembelian, Gumelar, Shopee. |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Triani nur hanifah |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 06:45 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 06:45 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30508 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |