Dhiya, Nashwa Widanta (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM MAḤWA UMMIYYATIL QUR’ĀN DALAM PENGUATAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA DI MTS AL-ITTIHAD PURWOKERTO BARAT. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Dhiya Nashwa Widanta_Implementasi Program Mahwa Ummiyyatil Qur'an dalam Penguatan Kemampuan BTQ di MTs Al-Ittihad.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Sebagai sumber hukum pertama dalam agama Islam, Al-Qur’an berfungsi sebagai pedoman hidup bagi seluruh umat manusia. Untuk dapat memahami isi kandungan Al-Qur’an dan mendapatkan petunjuk dari Al-Qur’an, dibutuhkan kemampuan membaca Al-Qur’an yang sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Oleh karena itu, diperlukan adanya lembaga yang mampu memfasilitasi siswa dalam mempelajari Al-Qur’an Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an ini bertujuan untuk memberikan dorongan, bimbingan, dan pemahaman mendalam tentang kandungan Al-Qur’an yang tercermin dalam perilaku sehari-hari sebagai manifestasi dari keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program Maḥwa Ummiyyatil Qur’ān dalam penguatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa di MTs Al-Ittihad Purwokerto Barat. Program ini dirancang untuk mengatasi permasalahan siswa yang belum lancar membaca dan menulis Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di MTs Al-Ittihad Purwokerto Barat. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Maḥwa Ummiyyatil Qur’ān dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: (1) tahap pendahuluan, (2) tahap inti, (3) tahap penutupan. Sedangkan evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dilakukan dalam bentuk evaluasi formatif dan teknik tes. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya penguatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada siswa di MTs Al-Ittihad Purwokerto Barat meskipun dampak yang diberikan bersifat progresif. Dampak yang diperoleh yaitu peningkatan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa dan peningkatan frekuensi membaca Al-Qur’an dikalangan siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Program, Penguatan Kemampuan, Baca Tulis Al-Qur’an. |
Subjects: | 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dhiya Nashwa Widanta |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 06:55 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 06:55 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30500 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |