Niken, Wulandari (2025) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN ANGGOTA UNTUK MEMILIH PRODUK SIMPANAN DI KSPPS BMT BEN SEJAHTERA KROYA CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
NIKEN WULANDARI_ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN ANGGOTA UNTUK MEMILIH PRODUK SIMPANAN DI KSPPS BMT BEN SEJAHTERA KROYA CILACAP (1).pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
KSPPS BMT Ben Sejahtera Kroya merupakan salah satu contoh BMT yang menawarkan produk simpanan Syari‟ah. Terdapat lembaga keuangan konvensional dan Syari‟ah di sekitar KSPPS BMT Ben Sejahtera menjadikan masyarakat memiliki preferensi dalam menyimpan uang. Adanya preferensi tersebut, menjadikan KSPPS BMT Ben Sejatera dapat mengalami penurunan anggota dikarenakan masyarakat memilih produk simpanan di lembaga keuangan lain. Untuk meningkatkan keputusan masyarakat untuk memilih produk simpanan di KSPPS BMT Ben Sejahtera, perlu dilakukan strategi pemasaran yang efektif baik melalui promosi langsung maupun digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran pada KSPPS BMT Ben Sejahtera Kroya dalam meningkatkan keputusan anggota untuk memilih produk simpanan yang ditawarkan KSPPS BMT Ben Sejahtera Kroya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, uji keabsahan, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa karakteristik produk simpanan di KSPPS BMT Ben Sejatera menggunakan nama yang unik dan produk simpanan yang ditawarkan selalu disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, seperti simpanan umrah yang di gunakan oleh anggota yang ingin menabung untuk beribadah umrah. Hal tersebut dijadikan sebagai strategi pemasaran yang dilakukan oleh KSPPS BMT Ben Sejahtera dengan menggunakan teori bauran pemasaran 4P yaitu produk, harga, tempat dan promosi. Dikaitkan dengan lima indikator keputusan penggunaan meliputi pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, niat penggunaan jasa dan perilaku pasca penggunaan dalam meningkatkan keputusan anggota untuk memilih produk simpanan di KSPPS BMT Ben Sejahtera Kroya
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Keputusan Penggunaan, Produk Simpanan, KSPPS BMT Ben Sejahtera Kroyaq |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.2 Lembaga Perbankan Khusus |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Niken Wulandari |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 06:35 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 06:35 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30475 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |