Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining pada Mata Pelajaran SKI di MTs Muhammadiyah Purwokerto

Asriani, Asriani (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining pada Mata Pelajaran SKI di MTs Muhammadiyah Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ASRIANI_Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining pada Mata Pelajaran SKI di MTs Muhammadiyah Purwokerto .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran SKI di MTs Muhammadiyah Purwokerto. Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan kepada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan materi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis data kualitatif model interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran SKI di MTs Muhammadiyah Purwokerto sudah diterapkan dengan baik, yaitu telah sesuai dengan teori Kurniasih dan Sani, yang menyatakan bahwa ada tiga langkah utama dari model pembelajaran ini yaitu: Pertama, menyajikan garis besar materi. Kedua, pembentukan kelompok. Ketiga, menjelaskan materi. Keberhasilan model Student Facilitator and Explaining pada pelajaran SKI didukung oleh beberapa faktor pendukung, yaitu sarana prasarana yang memadai dan keaktifan siswa. Namun, ada juga faktor penghambatnya, yaitu ketidaksiapan siswa dan keterbatasan waktu yang menjadi kendala dan perlu diatasi dengan adanya evaluasi dan pengondisian kelas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penerapan, model pembelajaran, student facilitator and explaininig, SKI
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.2 Khulafaurrasyidin
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.4 Daulah Abbasiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asriani Asriani
Date Deposited: 23 Apr 2025 01:50
Last Modified: 23 Apr 2025 01:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30461

Actions (login required)

View Item View Item