Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Marketing Dengan Cara clickbait Di Platform Facebook (studi kasus komunitas Hihglihgt)

Mufid, Mausul (2025) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Marketing Dengan Cara clickbait Di Platform Facebook (studi kasus komunitas Hihglihgt). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MUFID MAIUSUL_Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Marketing Dengan Cara Clickbait Di Platform Facebook.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Marketing merupakan suatu proses yang bertujuan untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat. Secara lebih luas, pemasaran mencakup serangkaian kegiatan yang dimulai dari perencanaan strategi hingga dampak atau pengalaman yang dirasakan oleh konsumen terkait produk atau jasa tersebut akan tetapi marketing yang menggunakan Teknik clickbait. Clickbait adalah suatu teknik pembuatan judul yang dirancang untuk menarik perhatian Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dalam pengumpulan datanya dilakukan secara langsung di komunitas higlihgt. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana praktik marketing atau pemasaran di platform facebook dikomunitas highlihgt. Dengan melakukan wawancara terhadap pemasar, atau anggota komunitas. Serta sumber data sekunder yaitu data yang diperoleh dari berbagai dokumen serta literatur (kepustakaan) berupa buku-buku, jurnal-jurnal ilmiah, penelitian terdahulu, dan tulisan ilmiah yang berhubungan dengan permasalahan dalam proposal skripsi ini yang dapat memperkuat data primer. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian metode analisis data penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif. Metode analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisa berfikir induktif yaitu dari fakta atau peristiwa khusus yang terjadi kemudian ditarik kesimpulan umum Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Praktik marketing dengan cara clickbait diplatform facebook menunjukan bahwa praktik pemasaran tersebut sudah ada yang sejalan dengan prinsip-prinsip etika bisnis islam dan ada yang belum sejalan dengan prinsip etika bisnis islam seperti prinsip kesatuan/tauhid dari hasil analisis yaitu kurangnya transparan pada judul atau gambar awal yang menerangkan bahwa didalam tautan tersebut memaskarkan barang atau produk sedangkan gambar awal tidak sesuai dengan isi yang ditawarkan. Maka dapat disimpulkan tinjauan etika bisnis islam terhadap marekting dengan cara clcikbait di platform facebook ada prinsip yang belum terpenuhi sehingga praktik tersebut belum diperbolehkan menurut pandangan etika bisnis islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Marketing
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mufid Mausul
Date Deposited: 22 Apr 2025 07:11
Last Modified: 22 Apr 2025 07:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30421

Actions (login required)

View Item View Item