Amatullah, Muthiah (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB INKLUSIF BERBASIS PENDEKATAN DIFERENSIASI DI SMPIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
skripsi amatullah muthiah revisi.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi pembelajaran Bahasa Arab inklusif berbasis pendekatan diferensiasi bagi siswa berkebutuhan khusus di SMPIT Harapan Bunda Purwokerto, sebagai respons terhadap tantangan pembelajaran Bahasa Arab di kelas inklusif, di mana siswa berkebutuhan khusus mengalami kesulitan memahami materi. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam bersama guru, koordinator pendukung, dan kepala sekolah, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik siswa berkebutuhan khusus di sekolah tersebut meliputi: lambat belajar, tunarungu, gangguan bicara, disabilitas intelektual, dan kebutuhan pelatihan penggunaan toilet. Tahapan Pendekatan diferensiasi melalui tiga tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Evaluasi. Strategi ini terbukti efektif meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa terhadap Bahasa Arab, meskipun masih diperlukan peningkatan kolaborasi antarguru dan fasilitas pendukung. Penelitian juga merekomendasikan pelatihan guru, penyempurnaan Rencana Pembelajaran Individual (PPI), serta penguatan kerja sama antara sekolah, keluarga, dan psikolog untuk mewujudkan lingkungan inklusif yang holistik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Inklusif , Bahasa Arab, Diferensiasi |
Subjects: | 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Amatullah Muthiah sdri |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 06:32 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 07:00 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30393 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |