ANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DAN KEMANDIRIAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS 4B DI SD PURBA ADHI SUTA PURBALINGGA

Widia, Rahmahani (2025) ANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DAN KEMANDIRIAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS 4B DI SD PURBA ADHI SUTA PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Widia Rahmahani_Analisis Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Religius dan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus Kelas 4B di SD Purba Adhi Suta Purbalingga.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

SD Purba Adhi Suta merupakan salah satu sekolah reguler di Kabupaten Purbalingga yang menerima anak berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memiliki kebutuhan khusus yang membedakan dengan anak lainnya. Peran guru dalam membentuk karakter religius dan kemandirian ABK sangat penting melalui pembelajaran berbasis pada nilai-nilai agama dan pendekatan yang berfokus pada anak. Selain itu, guru juga harus memiliki kemampuan untuk mengadaptasi metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak. Penelitian ini berdampak pada pentingnya pelatihan guru dalam mencukupi kebutuhan ABK dan pengembangan kurikulum yang lebih inklusif. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti yaitu penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam membentuk karakter religius dan kemandirian ABK, seperti : 1) Guru sebagai fasilitator, guru membantu dan mendampingi Abk dalam proses belajar serta mengembangkan kemampuan dan potensi mereka. 2) Guru sebagai pengajar kelas, guru membimbing, mengarahkan dan membantu ABK dalam mengembangkan kemampuan akademik maupun non-akademik. 3) Guru sebagai evaluator, guru memberi penilaian terhadap hasil belajar siswa. 4) Guru sebagai motivator, guru membantu mengembangkan rasa percaya diri, kemampuan mengelola emosi dan perilaku sehingga mereka dapat mencapai potensi mereka dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter Religius dan Kemandirian, Peran Guru, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Widia Rahmahani
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:59
Last Modified: 22 Apr 2025 03:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30391

Actions (login required)

View Item View Item