PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI MA`ARIF NU TELUK

Musfirotul, Khoeriyah (2025) PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI MA`ARIF NU TELUK. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Musfirotul Khoeriyah_Pengaruh Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa di MI Ma`arif NU Teluk.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan guru dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa. Kemampuan guru dalam mengelola kelas sangat penting untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Pengelolaan kelas yang efektif dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini yaitu kausalitas. Instrument penelitian meliputi angket, observasi, dan dokumentasi. Angket dalam hal ini digunakan untuk mengukur kemampuan guru dalam pengelolaan kelas. Observasi digunakan untuk mengetahui secara langsung pengaruh kemampuan guru dalam pengelolaan kelas, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan melihat nilai rapot. Subjek penelitian ini adalah 32 guru sebagai pengisi angket dan 32 siswa sebagai hasil belajar. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan data pada instrumen kuisioner atau angket yang akan digunakan untuk memperoleh data. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik inferensial meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas. Sedangkan uji hipotesis meliputi uji korelasi sederhana dan uji regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan guru dalam pengelolaan kelas berpengaruh terhadap hasil belajar siswa MI Ma`arif NU Teluk hal ini dapat dilihat dari pengolahan data hasil perhitungan SPSS ver.25 ditunjukkan berdasarkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,447 dan nilai r square sebesar 65,6% atau 0,656 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa pengaruh kemampuan guru terhadap hasil belajar bersifat positif dan kuat. Kata kunci: Hasil Belajar, Kemampuan Guru, Pengelolaan Kelas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kemampuan Guru, Pengelolaan Kelas
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 106 Organizations of philosophy
100 Philosophy and psychology > 108 Kinds of persons in philosophy
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: MUSFIROTUL KHOERIYAH
Date Deposited: 22 Apr 2025 02:23
Last Modified: 22 Apr 2025 02:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30375

Actions (login required)

View Item View Item