MEI DWI ASTUTI, NIM. 1323301044 (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 PADA SISWA DI SMP NEGERI 01 BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
MEI DWI ASTUTI_PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 PADA SISWA DI SMP NE.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya implementasi kurikulum 2013 di SMP Negeri 01 Baturraden yang saat ini menjadi salah satu sekolah piloting kurikulum 2013 di Kabupaten Banyumas. Pengembangan kurikulum 2013 salah satunya pada mata pelajaran PAI yang nomenklaturnya ditambah menjadi PAI dan Budi Pekerti serta penambahan waktu yang dua jam menjadi tiga jam pelajaran setiap minggunya. Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kurikulum 2013 pada siswa di SMP Negeri 01 Baturraden. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan menggambarkan permasalahan yang ada sesuai dengan data yang ditemukan di lapangan (deskriptif). Dalam penelitian ini penulis menggambarkan mengenai pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kurikulum 2013 pada siswa di SMP Negeri 01 Baturraden. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum (Standar Proses), Guru, dan Siswa SMP Negeri 01 Baturraden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif menurut Miles dan Huberman yang terdiri atas empat tahapan yang harus dilakukan yaitu tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau tahap verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kurikulum 2013 pada siswa di SMP Negeri 01 Baturraden Kabupaten Banyumas sudah berjalan dengan baik dan efektif. Dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai pada proses penilaian. Dalam tahap perencanaan pembelajaran guru sudah RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sesuai pedoman kurikulum 2013. Dalam tahap pelaksanaan guru sudah melaksanakan pembelajaran dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup dengan baik. Dalam tahap penilaian guru sudah membuat penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan dan keterampilan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Islamic education, Curriculum, Character |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto |
Date Deposited: | 29 Sep 2017 07:00 |
Last Modified: | 29 Sep 2017 07:00 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3035 |
Actions (login required)
View Item |