IMPLEMENTASI DIMENSI KREATIF PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI ALANGAMBA 02 KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN CILACAP

Soffa Hamidah, Ramadani (2025) IMPLEMENTASI DIMENSI KREATIF PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI ALANGAMBA 02 KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Soffa Hamidah Ramadani_IMPLEMENTASI DIMENSI KREATIF PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI ALANGAMBA 02 KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN CILACAP.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis implementasi dimensi kreatif Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri Alangamba 02. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam mengintegrasikan dimensi kreatif tersebut ke dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan menggunakan teknik analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, kemudian menguji keabsahan data melalui triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tahap perencanaan, guru merancang kegiatan pembelajaran yang mendorong siswa untuk berpikir kreatif, melalui kegiatan proyek kelompok yang menghasilkan karya peserta didik. Pada tahap pelaksanaan, guru menerapkan berberapa metode pembelajaran yang interaktif, sehingga siswa dapat mengekspresikan ide-ide kreatif mereka. Evaluasi dilakukan tidak hanya melalui tes tertulis, tetapi juga dengan penilaian terhadap proses kreatif siswa selama pembelajara. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi dimensi kreatif Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas IV telah berjalan dengan baik, peserta didik antusias dalam mengikuti pembelajaran yang mengintegrasikan dimensi kreatif di dalamnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dimensi Kreatif, Profil Pelajar Pancasila, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Soffa Hamidah Ramadani
Date Deposited: 22 Apr 2025 01:48
Last Modified: 22 Apr 2025 01:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30347

Actions (login required)

View Item View Item