Penerapan Metode Tasmi' Dan Muraja'ah Dalam Menghafal Al-Qur'an Di Pondok Pesantren Ath Thohiriyyah Karangsalam Kidul Banyumas

Wahdah Nadhifatul, Maula (2025) Penerapan Metode Tasmi' Dan Muraja'ah Dalam Menghafal Al-Qur'an Di Pondok Pesantren Ath Thohiriyyah Karangsalam Kidul Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Wahdah Nadhifatul Maula_Penerapan Metode Tasmi' Dan Muraja'ah Dalam Menghafal Al-Qur'an Di Pondok Pesantren Ath Thohiriyyah Karangsalam Kidul Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang metode yang digunakan dalam menghafal Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Ath Thohiriyyah, karena kebanyakan orang bisa menghafal Al-Quran tetapi sulit untuk menjaganya, maka diperlukan metode-metode khusus untuk memudahkan dalam proses menjaganya, seperti penerapan metode tasmi’ dan muraja’ah yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Ath Thohiriyyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode tasmi’ dan muraja’ah dalam menghafal Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Ath Thohiriyyah dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode tasmi’ dan muraja’ah dalam menghafal Al- Qur’an di Pondok Pesantren Ath Thohiriyyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian lapangan (field research) dan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, serta teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa penerapan metode tasmi’ dikelompokkan menjadi 3 yaitu tasmi’ Tasmi’ rutin seminggu 2 kali, tasmi’ sesuai perolehan juz dan tasmi’ 30 juz. Pelaksanaan metode muraja’ah yaitu muraja’ah dihadapan pengasuh, ustadz, dan ustadzah. Adapun faktor pendukung dalam penerapan metode tasmi’dan muraja’ah yang pertama, yaitu adanya motivasi dari orang-orang terdekat. Kedua, adanya jadwal kegiatan tahfidz yang terstruktur. Ketiga, lingkungan yang kondusif. Faktor penghambat penerapan metode tasmi’dan muraja’ah yang pertama yaitu rasa malas. Kedia, tidak percaya diri. Ketiga, tidak bisa mengatur waktu. Keempat, banyak ayat-ayat Al-Qur’an yang hampir sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Metode Tasmi’, Metode Muraja’ah, Menghafal Al-Qur'an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.01 Filsafat, Teori, Metodologi Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wahdah Nadhifatul Maula
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:10
Last Modified: 21 Apr 2025 08:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30321

Actions (login required)

View Item View Item