IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MENGGUNAKAN SMART CLASSROOM DI SMPN 5 MREBET PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2024/ 2025

Dwi, Cahyanita Adiningsih (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MENGGUNAKAN SMART CLASSROOM DI SMPN 5 MREBET PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2024/ 2025. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DWI CAHYANITA ADININGSIH_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MENGGUNAKAN SMART CLASSROOM DI SMPN 5 MREBET PURBALINGGA.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia terus berkembang sangat pesat hingga saat ini. Semakin majunya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan, sekolah memperlakukan hal tersebut agar apa yang dicita-citakan dalam perubahan paradigma pendidikan dapat segera direalisasikan sesuai dengan yang diharapkan. Salah satunya dengan adanya smart classroom. Penggunaan smart classroom menjadi variasi dalam proses pembelajaran PAI-BP. Dengan penggunaan smart classroom siswa menjadi lebih tertarik dalam pembelajaran. Sesuai dengan hasil wawancara yang telah peneliti laksanakan bahwasannya dalam kegiatan pembelajaran PAI-BP masih terdapat kendala seperti kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dikarenakan kurangnya komunikasi dua arah antara guru dan siswa serta penggunaan metode pembelajaran yang monoton yang menjadikan siswa bosan sehingga pembelajaran berjalan tidak kondusif. Permasalahan tersebut menjadi latar belakang adanya penelitian ini. Untuk memperoleh data dan informasi yang diperlukan, peneliti memilih SMPN 5 Mrebet sebagai tempat penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran PAI-BP berbasis TIK menggunakan Smart classroom di SMPN 5 Mrebet Purbalingga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan campuran (mixed methods) kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dalam pembelajaran PAI-BP berbasis TIK dengan menggunakan smart classroom, terdapat tiga tahap utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru menyiapkan modul ajar sebagai panduan dalam melakukan kegiatan mengajar. Selanjutnya guru membuat bahan ajar yang digunakan ketika pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan, kegiatan pembelajaran PAI-BP berbasis TIK menggunakan smart classroom terdapat tiga tahap yaitu kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Sedangkan pada tahap evaluasi, guru menggunakan evaluasi sumatif dan evaluasi formatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI-BP, TIK, Smart Classroom
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: DWI CAHYANITA ADININGSIH
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:20
Last Modified: 21 Apr 2025 08:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30307

Actions (login required)

View Item View Item