Azza Rizki, Tajriyani (2025) PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN NALAR KRITIS SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Azza Rizki Tajriyani- 214110402147.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang penerapan model Collaborative Learning untuk mengembangkan nalar kritis siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Purbalingga. Melalui pendekatan kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan peneliti menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Collaborative Learning memberikan dampak positif terhadap peningkatan nalar kritis siswa melalui kegiatan pembelajaran diskusi yang aktif dan mendalam. Penerapan prinsip-prinsip Collaborative seperti menganalisis, mengeksplorasi, merumuskan, mempresentasikan melalui strategi observasi dan refleksi, dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Fokus penelitian ini adalah menekankan pentingnya pengembangan kurikulum berbasis Collaborative dan Critical Thinking pada para siswa sejalan dengan tujuan dari misi lokasi penelitian. Hasil dari temuan ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas Pendidikan Agama Islam, penguatan karakter kompetitif siswa berbasis Collaborative, serta pengembangan nalar kritis siswa secara holistik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Collaborative Learning, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Nalar Kritis |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | AZZA RIZKI TAJRIYANI |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 08:23 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 08:23 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30293 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |