IMPLEMENTASI METODE ORAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU SLB PUTRA MANDIRI KAWUNGANTEN CILACAP

Itta, Qunnisa (2025) IMPLEMENTASI METODE ORAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU SLB PUTRA MANDIRI KAWUNGANTEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ITTA QUNNISA_IMPLEMENTASI METODE ORAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU SLB PUTRA MANDIRI KAWUNGANTEN CILACAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Pendidikan Agama Islam sangat penting dalam kehidupan umat muslim, siapa saja boleh mendapatkan pendidikan yang layak terutama bagi anak ABK. Anak tunarungu memiliki gangguan pendengaran sehingga berpengaruh terhadap lisannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Implementasi metode oral dalam pembelajaran PAI pada peserta didik tunarungu di SLB Putra Mandiri Kawunganten Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi metode oral dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik tunarungu di SLB Putra Mandiri Kawunganten Cilacap. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mapel PAI dan siswa tunarungu. Temuan dalam penelitian ini yakni pada pembelajaran PAI di kelas tunarungu fase sedang menerapkan metode oral dengan menggunakan jenis pendekatan oral grafik yang masih dibantu dengan bahasa isyarat. Dalam penerapan Pendidikan Agama Islam bagi anak tunarungu, mereka cenderung kesulitan untuk menggunakan suara mereka, karena keterbatasan tersebut Pendidikan Agama Islam bagi siswa tunarungu disekolah biasanya lebih cenderung pada materi akhlak dan juga fikih karena kedua materi tersebut sangat penting untuk membentuk akhlak dan tingkah laku siswa ketika dilingkungan masyarakat. Ada beberapa tahapan dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam diantaranya yakni persiapan materi, penggunaan alat bantu visual, latihan mendengar dan berbicara, interaksi verbal, dan evaluasi. Dengan demikian metode pembelajaran pada siswa tunarungu dapat dilaksanakan Kata kunci: Metode oral, siswa tunarungu, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode oral, siswa tunarungu, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ITTA QUNNISA
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:25
Last Modified: 21 Apr 2025 08:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30291

Actions (login required)

View Item View Item