Ma'ruf, Hidayat (2025) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Lakbok Ciamis. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Ma'ruf Hidayat_Implenetasi Model Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Lakbok Ciamis.pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
Abstak: Pembelajaran merupakan sistem yang dirancang untuk membantu peserta didik dalam belajar yang terdiri dari serangkaian peristiawa yang disusun untuk mempengaruhi serta mendukung satu sama lain sehingga terjadinya peserta didik belajar secara internal. Pembelajaran mempunyai beberapa model yang dapat diterapkan salah satunya pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang memanfaatkan kelompok kecil untuk bekerja sama dan mencapai tujuan belajar. Pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Lakbok Ciamis telah menerapkan model tersebut. Model pembelajaran ini dapat melatih dalam mengembangkan keterampilan dan melatih sikap leadership, keaktifan dan kreatifitas peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendapat gambaran dari penerapan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada pernyataan tersebut peneliti ingin mengetahui bagaimana Implementasi Model Pembelajaran Koopetarif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Lakbok Ciamis. Penerapan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mempunyai langkah-langkah yaitu penyapaian tujuan, persiapan peserta didik, penyampaian informasi, pembagian kelompok, melakukan pembinaan pada setiap kelompok, mengevaluasi, dan pemberian penghargaan serta terdapat beberapa tipe yang diterapkan yaitu picture and pucture, jighsaw, think pair share, dan team game tournament. Evaluasi model pembelajaran kooperatif dilakukan dengan asesmen formatif berupa pemberian soal, game education, dan pengerjaan soal. evaluasi tersebut dengan disesuaikan dengan hambatan yang terdapat dimasing-masing kelas dalam penerapan model pembelajaran kooperatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penbelajaran, Model pembelajaran Kooperatif, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MA'RUF HIDAYAT |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 07:48 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 07:48 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30289 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |