STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN ANIMO MASYARAKAT TERHADAP TPQ AL IKHLAS KARANGBAWANG LUMBIR BANYUMAS

Sekar Amelia, Putri (2025) STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN ANIMO MASYARAKAT TERHADAP TPQ AL IKHLAS KARANGBAWANG LUMBIR BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Sekar Amelia Putri_STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN ANIMO MASYARAKAT TERHADAP TPQ AL IKHLAS KARANGBAWANG LUMBIR BANYUMAS.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Persaingan antar lembaga pendidikan, terutama bagi lembaga yang baru berdiri dengan keterbatasan sumber daya, menuntut adanya strategi pemasaran yang efektif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan animo masyarakat di TPQ Al- Ikhlas Karangbawang Lumbir Banyumas, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menarik perhatian masyarakat dalam memilih lembaga ini. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TPQ Al Ikhlas Karangbawang Lumbir Banyumas menerapkan strategi pemasaran yang menyeluruh, mencakup tujuh elemen utama, meliputi produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Produk yang disediakan meliputi core benefit hingga augmented product sesuai dengan kebutuhan masyarakat; harga yang terjangkau; tempat yang strategis dengan visibilitas baik dan akses yang mudah; promosi melalui rekomendasi dari mulut ke mulut, pemasaran relasional, serta pemanfaatan media sosial; sumber daya manusia yang berkualitas; proses pembelajaran yang terstruktur dan fleksibel; serta bukti fisik berupa sarana prasarana yang memadai, lingkungan yang mendukung, dan dokumentasi prestasi santri. Kombinasi dari ketujuh elemen tersebut meningkatkan animo masyarakat terhadap TPQ Al Ikhlas. Selain itu, faktor internal, lokasi TPQ, pelayanan yang diberikan, dan motif sosial turut mendorong masyarakat dalam memilih TPQ Al- Ikhlas sebagai lembaga pendidikan agama bagi anak-anak merek

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Animo Masyarakat, TPQ
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sekar Amelia Putri
Date Deposited: 21 Apr 2025 07:30
Last Modified: 21 Apr 2025 07:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30266

Actions (login required)

View Item View Item