UNI NUR, KAROMAH (2025) STRATEGI "MNEMONIC RHYMES AND SONGS" DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA N 1 AJIBARANG KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
UNI NUR KAROMAH_STRATEGI MNEMONIC RHYMES AND SONGS DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA N 1 AJIBARANG.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan implementasi strategi mnemonic rhymes and songs dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) yang bertempat di SMAN 1 Ajibarang, Banyumas. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) dengan menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data menerapkan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi mnemonic rhymes and songs dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan meningkatkan daya ingat peserta didik terhadap materi yang sudah dipelajari. Adapun tahapan dalam menerapkan strategi mnemonic rhymes and songs berupa, (1) Pendidik terlebih dahulu menyiapkan materi yang akan dipelajari kemudian mengawali dengan sebuah penjelasan dan didukung dengan bahan ajar lain. (2) Dalam mengimplementasikan strategi mnemonic rhymes and songs pada pembelajaran PAI, pendidik lebih sering mengaitkan lagu yang berhubungan dengan materi secara langsung . (3) tahapan terahir yaitu menyanyikan lagu secara bersama-sama.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pembelajaran PAI, Strategi Mnemonic Rhymes And Songs . |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | UNI NUR KAROMAH |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:27 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 06:27 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30220 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |