PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI ANAK TUNARUNGU DI SLB B YAKUT PURWOKERTO

Alfina, Hesti (2025) PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI ANAK TUNARUNGU DI SLB B YAKUT PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Alfiana Hesti_Penerapan Metode Iqro' dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an bagi Anak Tunarungu di SLB B Yakut Purwokerto.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Iqro’ dalam pembelajaran membaca A-Qur’an bagi anak tunarungu di SLB B Yakut Purwokerto. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan serta metode deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan anak tunarungu kelas 1. Dalam proses pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data seperti; reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau kesimpulan. Proses pembelajaran dilakukan dalam tiga tahap: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru mempersiapkan rencana pembelajaran, media pembelajaran serta metode pembelajaran yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan anak tunarungu. Pelaksanaan pembelajarannya meliputi pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Terdapat tiga evaluasi yaitu evaluasi non tes, evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Penelitian ini menghasilkan penerapan metode Iqro’ dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an bagi anak tunarungu, anak tunarungu lebih mudah dalam mempelajari cara mengucapkan, melafalkan, dan mengisyaratkan bacaan Al-Qur’an. Metode Iqro’ yang digabungkan dengan metode demonstrasi, metode komunikasi total, media audio visual, dan pendekatan individual dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Kata Kunci: Anak Tunarungu, Metode Iqro’, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Tunarungu, Metode Iqro’, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfiana Hesti
Date Deposited: 17 Apr 2025 04:07
Last Modified: 17 Apr 2025 04:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30214

Actions (login required)

View Item View Item