STRATEGI MEMBANGUN BRAND IMAGE MADRASAH MELALUI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Tus, Enti (2025) STRATEGI MEMBANGUN BRAND IMAGE MADRASAH MELALUI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Tus Enti_Strategi Membangun Brand Image Madrasah Melalui Pemasaran Jasa Pendidikan di MI Ma'arif NU 1 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menarasikan bagaimana strategi membangun brand image madrasah melalui Pemasaran Jasa Pendidikan di MI Ma’arif NU 1 Pageraji, yang berfokus pada strategi serta pendekatan madrasah dalam membangun image madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MI Ma’arif NU 1 Pageraji mempunyai 3 komponen dalam membangun brand image yaitu image lembaga, image peserta didik, dan image layanan. Image lembaga terbangun karena selalu menjaga kualitas kerjasamanya dengan melibatkan pihak luar dalam pelaksanaan kegiatan madrasah. Image peserta didik terbangun karena banyaknya prestasi yang diraih oleh lembaga. Image layanan terbangun karena MI Ma’arif NU 1 Pageraji berupaya memberikan pelayanan yang professional dalam berbagai aspek. Strategi membangun brand image madrasah melalui pemasaran jasa pendidikan di MI Ma’arif NU 1 Pageraji dilakukan dalam beberapa tahap yaitu melalui identifikasi pasar, segmentasi pasar, positioning, dan diferensi produk. yang pertama melakukan identifikasi pasar, Madrasah secara rutin melakukan evaluasi kebutuhan dan harapan masyarakat, serta peningkatan kualitas internal melalui pelatihan guru (KKG) dan evaluasi tahunan untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan pasar secara tepat. Segmentasi Pasar, dengan target utama lembaga pendidikan seperti TK, RA, dan PAUD, serta menyesuaikan promosi dengan nilai-nilai keagamaan yang diinginkan orang tua. Positioning, madrasah dilakukan dengan membangun kepercayaan melalui promosi offline dan online, termasuk sosialisasi langsung ke lembaga-lembaga tersebut dan penggunaan media sosial. Diferensiasi Produk, adanya program unggulan menjadi pembeda dari madrasah lain, seperti Roudhoh Tarbiyatul Qur’an (RTQ) yang mencakup program tahfidz, program BTA, program ubudiyah, dan program pesantren madrasah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Image Madrasah, Pemasaran Jasa.
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tus Enti
Date Deposited: 16 Apr 2025 03:46
Last Modified: 16 Apr 2025 03:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30184

Actions (login required)

View Item View Item