GAYA MENGAJAR GURU GENERASI Z DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SMP KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA

Ahmad Ghozi, Azh-Zhofiri (2025) GAYA MENGAJAR GURU GENERASI Z DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SMP KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AHMAD GHOZI AZH-ZHOFIRI_GAYA MENGAJAR GURU GENERASI Z DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SMP KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kini harus menggunakan gaya mengajar yang relevan dengan materi ajar dan rumpun PAI yang dibawakan. Dengan pemilihan gaya mengajar yang tepat, pembelajaran akan berjalan efektif sehingga siswa tidak merasa bosan dengan gaya mengajar yang monoton. Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut dengan penerapan gaya mengajar yang dilakukan oleh guru generasi Z. Dengan pemilihan gaya mengajar yang dilakukan oleh guru generasi Z, proses pembelajaran PAI menjadi lebih efektif dan interaktif sehingga siswa aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya mengajar guru generasi Z dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa SMP Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian yang diambil untuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang diterapkan oleh penulis yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMP Kecamatan Kalimanah memilih gaya mengajar yang relevan dengan materi ajar dan rumpun PAI sehingga menjadikan pembelajaran lebih efektif dan interaktif. Namun ada perbedaan kecenderungan pemilihan gaya mengajar pada kedua SMP di Kecamatan Kalimanah. SMPN 1 Kalimanah cenderung memilih gaya mengajar interaksional yang mengedepankan interaksi antara guru dan siswa saat proses pembelajaran. Sedangkan SMPN 3 Kalimanah cenderung menggunakan gaya mengajar teknologis yang dalam pelaksanaannya bahan materi ajar sudah di rangkai sedemikian rupa melalui perangkat keras maupun lunak. Gaya mengajar guru generasi Z di kedua SMP Kecamatan Kalimanah dianggap cukup berhasil dalam pembelajarannya. Keberhasilan itu dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang meningkat seperti pemahaman siswa terhadap materi, keaktifan, dan penerapan materi dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Mengajar, Guru Generasi Z, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Ghozi Azh-Zhofiri
Date Deposited: 16 Apr 2025 01:34
Last Modified: 16 Apr 2025 01:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30176

Actions (login required)

View Item View Item